Breaking News:

Buka Usaha Hotel Tanpa Izin, Seorang Pengusaha Didenda Rp 20 Juta oleh Hakim PN Bandung

Pengusaha hotel di Kota Bandung harus membayar denda puluhan juta rupiah, jika tidak membayar harus

Net
Ilustrasi pengadilan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Pengusaha hotel di Kota Bandung harus membayar denda Rp 20 juta, jika tidak membayar harus menjalani hukuman kurungan 1 bulan 15 hari karena membuka usaha hotel tanpa izin.

Dikutip dari laman situs resmi Pengadilan Negeri (PN) Bandung‎, sipp.pnbandung.go.id, Dani Ramdani selaku terdakwa, dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana tanpa izin melakukan kegiatan usaha yang berkaitan dengan kepariwisataan.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana denda Rp 20 juta dan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan 15 hari," bunyi amar putusan hakim yang dibacakan di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata pada Jumat 11 September 2020.

Cuma Perlu Waktu Tiga Jam, Polsek Baleendah Ringkus Komplotan Maling Motor, Sita 6 Unit Motor

Kasus itu dilimpahkan Satpol PP Kota Bandung ke Pengadilan Negeri Bandung lewat Idris Kuswandi selaku penyidik atas kuasa penuntut umum.

Kepala Seksi Penyidikan Satpol PP Kota Bandung, Mujahid, membenarkan ihwal vonis tersebut untuk Hotel Scarlet di Jalan Kebon Kawung.

"Betul kami yang melimpahkan. Vonis hakim dan sanksi yang dijatuhkan tersebut menurut kami sangat tegas," ujar Mujahid saat dihubungi via ponselnya, Senin (14/9/2020.

Awalnya, kasus itu bermula ‎saat Satpol PP Kota Bandung menerima aduan dari warga ihwal aktivitas di hotel itu yang kerap berlangsung hingga dini hari.

Gedung Rawat Inap Baru RSU Kota Tasikmalaya Jadi Ruang Perawatan Pasien Positif Covid-19

"Kami langsung cek ke lokasi dan saat itu memang tidak ada aktivitas. Cuma saat kami cek perizinannya, sudah habis, akhirnya kami proses sesuai aturan," ujarnya.

Ia menggunakan Pasal 25 juncto Pasal 55 Perda Kota Bandung Nomor 9 Tahun 2019 tentang Ketertiban Umum, Ketentaraman dan Perlindungan Masyarakat untuk menjerat pemilik hotel tersebut.

"Di aturan itu ancaman sanksinya mencapai Rp 50 juta. Jadi saat putusannya menjatuhkan denda Rp 20 juta, itu cukup tegas," ucap dia.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved