Breaking News:

Ponpes di Indramayu Sering Kewalahan Dapat Pesanan Lele, BUMD Jabar Berikan Paket Pengembagan Usaha

PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) sebagai BUMD Jawa Barat berupaya mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian masyarakat.

Tribun Jabar/Syarif Abdussalam
Serah terima bantuan csr CPT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Nahdlotul Mubtadiin Al Islamy di Kabupaten Indramayu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) sebagai BUMD Jawa Barat berupaya mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian masyarakat. Langkah yang diambil di antaranya dengan memberikan paket pengembangan ternak lele kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Nahdlotul Mubtadiin Al Islamy di Kabupaten Indramayu.

Bantuan dalam bentuk corporate social resposibility (CSR) yang diberikan oleh MUJ ONWJ berupa mesin pakan ikan serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan guna memberikan edukasi kepada santri dalam budi daya lele agar meningkatkan produksi.

Direktur Operasional PT Migas Hulu Jabar ONWJ, Ardra Teja Bhaswara, mengatakan, budi daya ikan lele di ponpes ini dikembangkan karena permintaan lele ke ponpes tersebut terus meningkat, bahkan sering terjadi peningkatan pemesanan namun terjadi keterbatasan produksi.

"Dengan batuan mesin pakan serta pendidikan dan pelatihan tentang budi daya ikan ini menjadikan bekal untuk pengembangan produksi ikan lele," kata Ardra melalui ponsel, Minggu (13/9/2020).

Ardra berharap, dengan adanya CSR ini para santri dan masyarakat sekitar ke depan dapat saling berinteraksi dan berkolaborasi dalam memberikan pengetahuan terkait budi daya ikan sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar ponpes.

"Kami juga berharap pemanfaatnya ditingkatkan serta kami juga akan tetap melakukan dan evaluasi berkala sehingga menjadikan kegiatan pembinaan peningkatan ekonomi masyarakat ini menjadi lestari," katannya.

Dia menambahkan, hal tersebut dapat dijalankan maka ke depan jalinan kerja sama yang telah terjadi dapat ditingkatkan pada bidang lain seperti bidang pendidikan, kesehatan, dan bidang lingkungan.

"Jika berhasil kami akan menindaklanjuti secara berkesinambungan kerja sama dengan ponpes ini," kata Ardra.

Serah terima CSR dilakukan oleh MUJ ONWJ Kamis (10/9) yang dihadiri oleh Perwakilan MUJ ONWJ saham BUMD Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Indramayu PT Bumi Wiralodra Indramayu (BWI) serta jajaran pimpinan Pondok Pesantren Nahdlotul Mubtadiin Al Islamy dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan terkait Covid-19.

Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlotul Mubtadiin Al Islamy, Amani Luthfi, mengatakan, program ini merupakan program yang bagus karena dapat memberikan pengetahuan bagi para santri dalam hal budi daya ikan lele.

Apalagi santri bukan cuma dapat pengetahuan, tapi juga dapat mempraktikkan secara langsung bagaimana cara membudidayakan ikan lele.

"Saya berharapkan dapat menjadikan santri lulusan pesantren ini memiliki bekal kemandirian ekonomi," katanya dalam siaran digital. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved