Breaking News:

Success Story

Mila Belajar Ilmu yang Tidak Disentuh Dunia Kebidanan

"Menjadi doula di sini, saya yang juga berlatar belakang sebagai bidan support secara psikologis, spiritual. Kebetulan tim aku semua bidan"

instagram
Jamilatus Sa'diyah 

TRIBUNJABAR.ID - NAMA Jamilatus Sa'diyah tentu sudah tidak asing di kalangan selebriti. Perempuan yang akrab disapa Mila ini merupakan seorang bidan yang juga berperan sebagai doula atau pendamping persalinan.

Berbagai selebritis papan atas sudah banyak yang menggunakan jasa Mila ketika mendampingi persalinan, sebut saja Nycta Gina, Olivia Jansens, Ardina Rasti, dan masih banyak lagi berbagai artis tanah air lainnya. Istilah doula memang belum terdengar familiar di masyarakat saat ini.

Namun, Mila mengatakan doula atau seseorang yang mendampingi persalinan adalah masuk dalam peran bidan.

"Selain membantu persalinan dan pemeriksaan medis, ada peran bidan yang cukup krusial yaitu mendampingi persalinan. Nah support ini makin jarang dilakukan oleh bidan karena sibuk di belakang meja pasien dan memudar pendampingan ini," ujar Mila saat dihubungi Tribun, Kamis (10/9).

Menurut Mila ada yang harus dicatat antara doula dan bidan. Untuk menjadi doula, tidak harus berasal dari tenaga kesehatan. Biasanya ada sertifikasi ketika mendampingi mental ibu bersalin.

Sementara bidan, sudah melakukan pendidikan formal selama tiga tahun dan memang memiliki peran untuk mendampingi.

"Menjadi doula di sini, saya yang juga berlatar belakang sebagai bidan support secara psikologis, spiritual. Kebetulan tim aku semua bidan, jadi kami nggak menolong bersalin saja, tetapi memunculkan peran yang sebelumnya menghilang," ujar Mila.

Senang akan pelajaran biologi saat masih duduk di bangku sekolah, membuat Mila mendapat arahan dari sang kakak untuk kuliah kebidanan.

Perempuan kelahiran Jakarta, 12 Desember 1993 ini akhirnya lulus dari Akademi Ilmu Kebidanan Cipto Mangunkusumo, Jakarta Timur, pada 2014. Mila pun kemudian tertarik untuk menambah ilmunya dengan belajar ilmu holistik.

"Di situlah saya belajar ilmu yang nggak disentuh di dunia kebidanan. Dari ilmu ini saya makin cinta sama dunia bidan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved