Breaking News:

Lahan Terbatas, Pemkot Cimahi Bisa Panen Brokoli di Halaman Puskesmas Cimenteng

Meski memiliki lahan terbatas, tidak membuat Pemkot Cimahi kehabisan akal untuk bercocok tanam.

tribunjabar/daniel andrean damanik
Lahan Terbatas, Pemkot Cimahi Bisa Panen Brokoli di Halaman Puskesmas Cimenteng 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Meski memiliki lahan terbatas, tidak membuat Pemkot Cimahi kehabisan akal untuk bercocok tanam.

Seperti lahan kosong di Puskesmas Cimenteng ditanami brokoli dan berhasil dipanen untuk pertama kalinya.

"Sebagai kota yang luas wilayah hanya sekitar 40 Km persegi, Cimahi memiliki lahan pertanian yang relatif terbatas. Maka setiap lahan kosong yang ada di kota ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar jangan sampai terlantar," kata Wali Kota Cimahi Ajay M seusai panen perdana Brokoli, Sabtu (12/9/2020).

Ajay mengatakan kegiatan tersebut sebagai realisasi penanganan dampak ekonomi pandemi global Covid-19.

Wali Kota Cimahi terima kasih kepada Prof. Salamun Sastra beserta komunitas perempuan Cimahi dan seluruh komponen masyarakat lainnya yang telah berinisiatif memanfaatkan lahan kosong di sekitar halaman Puskesmas Cimenteng.

Terbiasa di Suhu Dingin, Geoffrey Castillion Mengaku Sulit Adaptasi Cuaca Panas di Bandung Saat ini

Selain varietas tanaman brokoli, ditanami juga cabai dan tomat. Ajay bersyukur pada panen pertama, hasilnya subur-subur dan bagus-bagus.

"Konsep penanaman lahan kosong seperti yang dijalankan di Cimenteng ini dapat menjadi percontohan bagi kawasan-kawasan lainnya di Kota Cimahi. Hal ini berarti setiap lahan sekecil apapun harus dapat dimanfaatkan agar menjadi produktif dan memiliki nilai ekonomis," katanya.

Lokasi penanaman di Cimenteng tersebut memiliki ukuran lahannya hanya sekitar 1000 meter persegi tapi mampu menghasilkan cukup banyak.

Ajay menilai inisiatif untuk memanfaatkan lahan terlantar seperti yang telah dilaksanakan di kawasan Puskesmas Cimenteng Sehat ini perlu terus didukung dan dikembangkan, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Seorang Menyusul Positif Covid-19, Hasil Tracing Tenaga Kesehatan yang Positif di Kota Tasikmalaya

"Pemerintah Kota Cimahi sendiri tidak menutup kemungkinan untuk mengadopsi kegiatan penanaman seperti ini ke dalam salah satu program rutinnya. Kami akan berdiskusi dan menjalin komunikasi dengan berbagai komunitas di tengah masyarakat agar semakin banyak diantara mereka yang tertarik untuk menggarap lahan kosong yang terlantar di Kota Cimahi," katanya.

Ajay berpesan, jika dimanfaatkan secara efektif, bukan hanya penampakannya yang jadi bagus, tapi juga akan menghasilkan sehingga akan sedikit membantu terutama dalam hal perekonomian di tengah Covid-19 yang masih menghantui saat ini.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved