Breaking News:

VIDEO Harga Jual Terus Mengalami Penurunan, Petani Cabai di Sukaraja Sukabumi Rugi Puluhan Juta

Harga jual cabai terus mengalami penurunan akibat imbas pandemi Covid-19.

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Petani cabai Desa Sukamaju, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi mengalami kerugian hingga puluhan juta, akibat harga jual cabai terus mengalami penurunan akibat imbas pandemi Covid-19.

Budi (42), petani di Kampung Dangdeur, Desa Sukamaju, menjelaskan saat ini harga jual cabai merah mencapai Rp 7 ribu hingga Rp 8 ribu per kilogramnya. Padahal harga normal berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per kogram.

"Harga cabai memang terus mengalami pemurunan semenjak terjadinya pandemi Covid-19," kata dia saat diwawancarai disekitar kebun miliknya pada Tribunjabar.id, Kamis, (10/9/2020).

Dua Elf Saling Balapan dan Ugal-ugalan di Pesisir Cianjur, Tabrak Pengemudi Motor hingga Tewas

Bahkan, lanjut dia, ketika wilayah Sukabumi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harga jual cabai di petani sempat menyentuh diangka Rp 4 ribu sampai Rp 5 ribu per kilogram.

"Dalam waktu sekitar enam bulan dan sudah dua kali panen, hingga kini harga jualnya tidak kunjung stabil. Situasi seperti ini hanya akan terus penyulitkan petani," katanya.

Ia menjelaskan, harga jual yang berada dibawah harga normal tersebut tentunya sangat tidak sebanding dengan biaya penanaman perawatan hingga panen.

"Untuk saat ini biaya penamanan atau perawatan yaitu sebesar Rp 8 ribu sampai Rp 9 per pohon cabai itu baru biasa perawatan belum biaya panen, dan biaya angkut. Sedangkan saya menanam cabai sekitar 14 ribu pohon diatas lahan luas 7 ribu meter," ucapnya

Ia menyebutkan, akibat harga jual cabai yang mengalami penurunan dan tidak sebanding dengan hasil panen, dirinya mengalami kerugian hingga sekitar Rp 50 juta. 

UPDATE Covid-19 di Kabupaten Sukabumi, Positif Covid-19 Bertambah 4 Orang, Kini Total Ada 116 Kasus

"Jangankan untung, modal untuk menanam kembali cabai pun saya harus menambah modalnya. Namun untuk mengantisipasi kerugian saya akan memanam sayuran yang biayanya lebih lain dan mengurangi jumlah tanamannya," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Harga Jual Terus Mengalami Penurunan, Petani Cabai di Sukaraja Sukabumi Rugi Puluhan Juta Rupiah, https://jabar.tribunnews.com/2020/09/10/harga-jual-terus-mengalami-penurunan-petani-cabai-di-sukaraja-sukabumi-rugi-puluhan-juta-rupiah.
Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Seli Andina Miranti
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved