Breaking News:

Binatang Peliharaan

Ini Alasan Kucing Gemar Tidur Berjam-jam Lamanya

Menurut PetMD, tidur sepanjang waktu merupakan cara kucing untuk menghemat energi sebelum berburu.

KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN
Dita Agusta, ibu dengan 250 kucing didatangi warga yang hendak menitipkan sejumlah kucing untuk dirawat di Rumah Kucing Parung, di Jalan Pasir Naga, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Kemang Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/12/2019). 

TRIBUNJABAR.ID - Tahukah Anda mengapa kucing suka tidur dengan waktu yang lama? Apakah Anda berpikir bahwa mereka pemalas? Inilah alasan mengapa kucing suka tidur.

Menjadi binatang yang juga kerap kali dipelihara, kucing mempunyai tingkah laku yang membuatnya dijuluki pemalas. Ya, mereka memang kerap kali tidur selama berjam-jam di setiap harinya.

Mengutip dari situs Mentalfloss.com seperti dilansir Kontan.co.id, kucing menghabiskan rata-rata waktu tidurnya 16 sampai 20 jam per hari. Kalau dipikir-pikir berarti kucing hanya beraktivitas antara 4 sampai 6 jam saja per hari ya.

Pada dasarnya kucing suka tidur memang sudah bawaan dari gen. Artinya memang dalam gen kucing memiliki perilaku yang sudah dirancang sedemikian rupa. Termasuk tidur dengan waktu yang lama. Jadi bukan berarti mereka pemalas yaaa.

Itu berlaku untuk semua kucing, baik yang dipelihara maupun mereka yang hidup di alam liar.

Lalu apa alasan kucing tidur sepanjang hari?

Menurut PetMD, tidur sepanjang waktu merupakan cara kucing untuk menghemat energi sebelum berburu. Memang di alam liar kucing mau tidak mau harus bertahan hidup dengan berburu.

Oleh karena itu mereka sebisa mungkin menghemat energi sebelum waktu perburuannya tiba. Tetapi ini juga berlaku untuk kucing rumahan yang dipelihara, naluri suka tidur sepanjang hari juga masih dimiliki.

Bedanya, kucing rumahan menghemat energi sebelum bermain dengan pemiliknya.

Jadwal tidur kucing juga sudah tertata rapi. Ini karena kucing memiliki sifat krepuskular yang didefinisikan oleh Oakland Veterinary Referral Service adalah aktif di waktu fajar dan senja.

Namun demikian, tidur sepanjang hari tidak membuat kucing merasa nyenyak. Dalam kondisi tidurnya, kucing siap merespons bahaya apapun yang akan menimpanya. Oleh karena itu Anda pasti pernah melihat kucing bisa dengan cepat terbangun jika kaget akan suatu hal. (kontan/arif budianto)

Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved