Breaking News:

Pengganti Jiwasraya Disiapkan Melalui Lini Bisnis Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Rencananya, produk yang dipasarkan seperti unitlink, term life, dan whole life untuk grup maupun ritel. Ada pula produk kesehatan yaitu group health,

KONTAN
Kantor Asuransi Jiwasraya 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI siap mendirikan Indonesia Finansial Group (IFG) Life tahun ini. Perusahaan ini akan menggantikan Asuransi Jiwasraya.

Guna menopang bisnis ke depan, BPUI menyiapkan skema bisnis dan tata kelola anak usaha. Dirut BPUI, Robertus Bilitea, mengatakan, IFG Life hanya memasarkan asuransi proteksi bukan produk yang memberikan garansi keuntungan.

“Produk yang masuk adalah produk proteksi. Jadi tidak ada lagi produk-produk berisiko yang tidak bisa dimitigasi. Kami belajar dari kasus Jiwasraya supaya tidak terulang,” kata Robertus, dalam paparan di Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Rencananya, produk yang dipasarkan seperti unitlink, term life, dan whole life untuk grup maupun ritel. Ada pula produk kesehatan yaitu group health, kolaborasi dengan BPJS Kesehatan, dan produk kesehatan ritel.

IFG Life akan menerapkan tata kelola, manajemen risiko, serta pengelolaan investasi yang prudent. Pengelolaan investasi berbasis asset and liability matching dan alokasi portofolio investasi sesuai best practise. Hal ini dibarengi identifikasi dan mitigasi risiko.

Robertus menambahkan, pendirian IFG Life salah satunya melalui suntikan penyertaan modal negara (PMN) yang diperoleh Bahana senilai Rp 20 triliun. “Pendirian IFG Life juga didasarkan pada kebutuhan yang ada saat ini di industri asuransi,” ucap Robertus.

Ke depan, pendirian IFG Life akan didukung oleh ekosistem asuransi yang lengkap. Mengingat, IFG Life menjadi salah satu anak perusahaan Holding Asuransi dan Penjaminan milik BUMN.

Rencananya, terdapat tiga bisnis asuransi jiwa yang ditawarkan oleh IFG Life. Mulai dari bisnis baru IFG Life, dana pensiun BUMN, serta portofolio eksisting milik Jiwasraya.

“Bisnis baru IFG Life akan dijalankan melalui dua lini bisnis yaitu asuransi jiwa dan kesehatan melalui kanal pelanggan serta karyawan dari perusahaan BUMN,” kata dia.

Guna menggenjot bisnis baru, Bahana akan mengakuisisi pemain asuransi kesehatan untuk menambah kapasitas dan skala bisnis. Sedangkan dana pensiun BUMN, IFG Life akan melakukan konsolidasi dengan dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) milik BUMN di Indonesia.

Perusahaan juga mengandalkan jaringan agensi. Dengan menargetkan masyarakat luas di luar ekosistem BUMN serta melakukan cross selling terhadap nasabah tetap Jiwasraya. (ferrika sari)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul “Gantikan Jiwasraya, ini produk yang akan dipasarkan IFG Life”

Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved