Breaking News:

Modelnya yang Beragam Bikin Pasar Mobil Hatchback Masih Seksi dan Menjanjikan

yang jelas sampai Juli tahun ini jumlah Mazda 2 yang telah terjual ada 282 unit atau meraup 22 persen dari total penjualan APM Mazda saat itu yang men

KONTAN/CAROLUS AGUS WALUYO
MENJANJIKAN - Model berpose dengan Mazda 3 Speed saat diperkenalkan di Jakarta, Selasa (20/2/2020). PT Eurokars Motor Indonesia sebagai distributor merek Mazda di Indonesia menyatakan prospek segmen small hatchback ini masih besar dan menjanjikan. 

TRIBUNJABAR, JAKARTA - Pasar mobil hatchback alias sedan buntung masih dianggap seksi bagi agen pemegang merek (APM) mobil. Apalagi segmen konsumen mobil model ini cukup beragam.

Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Fedy Dwi Parileksono, mengatakan, prospek segmen ini cukup besar dan menjanjikan.

“Terutama small hatchback. Konsumennya juga beragam dari anak muda hingga kelas eksekutif atau premium,” katanya kepada Kontan.co.id, Rabu (9/9/2020).

EMI merupakan APM resmi Mazda yang saat ini memiliki beberapa portofolio di model sedan buntung, pertama segmen small hatchback diisi oleh Mazda 2 dan segmen medium hatchback oleh Mazda 3.

Soal rencana penyegaran produk hatchback, EMI belum dapat berbicara banyak, yang jelas kata Fedy, pasti akan mengumumkan kalau ada rilis produk baru. “Penyegaran akan segera, tunggu saja,” ujarnya.

Mengenai strategi penjualan, sejauh ini EMI selalu memberikan beragam pilihan di setiap segmennya terutama small hatchback dengan Mazda 2 ada dua pilihan, yaitu Type R dan Type GT. Program marketing sama dengan model yg lain, kata Fedy, seperti program “beli Mazda dari rumah” program “beli sekarang bayar tahun depan” dan juga “trade in bersama olx auto”.

Target utama konsumen Mazda 2 untuk anak muda, dan Mazda 3 untuk kelas yang lebih mapan atau eksekutif muda atau petrol head. APM belum mengungkapkan target penjualan model ini, yang jelas sampai Juli tahun ini jumlah Mazda 2 yang telah terjual ada 282 unit atau meraup 22 persen dari total penjualan APM Mazda saat itu yang mencapai 1.256 unit.

Sementara itu, hatchback Honda Jazz menurut paparan PT Honda Prospect Motor (HPM) menunjukkan peningkatan penjualan dimana pada Agustus 2020, hatchback Honda ini mencatatkan penjualan 534 unit, naik 23 persen dari bulan sebelumnya. Adapun penjualan Civic hatchback berakselerasi 52 persen dibandingkan bulan lalu dengan catatan penjualan 93 unit.

Karena itu, sampai Agustus tahun ini total volume penjualan hatchback Honda Jazz mencapai 4.032 unit, menjadikannya posisi utama di pasar hatchback nasional.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, mengatakan, penjualan Honda dalam tiga bulan terakhir meningkat signifikan, meskipun masih belum menyamai kondisi normal di periode yang sama tahun lalu.

“Kami juga bersyukur masih terus menunjukkan performa penjualan yang baik. Berbagai program dan aktivitas penjualan terutama yang dilakukan secara online menunjukkan kontribusi bagi penjualan Honda di periode ini,” kata Yusak, Rabu (9/9/2020).

Melengkapi berbagai program yang sedang berjalan saat ini, Honda mengusung program “Sehat Bersama Honda”, yaitu promo bagi konsumen untuk mendapatkan paket harga perawatan mobil terbaik. Dalam program ini, konsumen dapat memilih beberapa paket yang disediakan yang diantaranya adalah Paket Sehat 1 dimana konsumen akan mendapatkan AC filter beserta dengan AC evaporator cleaner. (agung hidayat)

Artiken ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Meski persaingan ketat, prospek pasar mobil hatchback masih cantik",

Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved