Breaking News:

Virus Corona di Jabar

VIDEO-Tak Usah Jalani Isolasi Mandiri, Guru SD hingga SMA di Kabupaten Sukabumi Jalani Tes Swab

Ratusan, bahkan mencapai ribuan guru sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjalani tes swab.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Ratusan, bahkan mencapai ribuan guru sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjalani tes swab, Senin (7/9/2020).

Penanggung Jawab Lab Patologi Klinik RSUD Palabuhanratu, Luhung Budiailmiawan, mengatakan, di RSUD Palabuhanratu baru 350 guru SD hingga SMA yang menjalani tes swab.

"Ini juga kita masih bertahap, dan katanya kemarin dari hasil vicon ada 1.800 yang sudah didaftarkan. Cuma saya belum menerima yang sampai ke Pikobar-nya. Nah, itu nanti kita sambil bertahap, sambil berjalan, yang 350 itu kita periksa. Nanti kita sambil menunggu dari disdik," ujarnya, Senin (7/9/2020).

Ia menyebutkan, tes swab bagi guru ini akan dilakukan selama 33 hari ke depan.

Selain guru, pihaknya juga melakukan tes swab kepada tenaga kesehatan (nakes).

"Hari ini baru mulai di Kabupaten Sukabumi, walaupun sebetulnya di daerah-daerah lain sudah mulai sejak 18 Agustus," katanya.

"Untuk sementara ini yang saya periksa di RS Palabuhanratu belum ada yang positif untuk nakes, tapi saya enggak tahu untuk yang lain," katanya.

Dia juga mengatakan, RSUD Palabuhanratu hanya melakukan tes swab kepada guru yang sekolahnya di wilayah selatan Sukabumi, mulai dari Kecamatan Pajampangan hingga Palabuhanratu, Cikakak dan Cisolok.

"Wilayah utara nanti di Labkesda, itu nanti ada yang kita kirim ke labkes provinsi, di Palabuhanratu bagi guru-guru di wilayah selatan," ucapnya.

Pihaknya tidak mewajibkan isolasi mandiri bagi guru yang telah menjalani tes swab. Menurutnya guru-guru yang dites swab merupakan guru tanpa gejala Covid-19.

"Ini kan untuk sekola. Kami berharap mudah-mudahan enggak ada yang positif," ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat, Nonong Winarni, mengatakan, bagi guru-guru SMA/SMK di Kabupaten Sukabumi menjalani tes swab di setiap puskesmas. (*) 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Tak Usah Jalani Isolasi, Guru SD hingga SMA di Kabupaten Sukabumi Jalani Tes Swab, https://jabar.tribunnews.com/2020/09/07/tak-usah-jalani-isolasi-guru-sd-hingga-sma-di-kabupaten-sukabumi-jalani-tes-swab.
Penulis: M Rizal Jalaludin 
Editor: Giri
Video Production: Dicky Fadiar Djuhud
Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved