Breaking News:

VIDEO Airnya Surut, oleh Warga Setempat Sebagian Waduk Jatigede Kini Dijadikan Lahan Pertanian

Surutnya air di Waduk Jatigede, Desa Wado, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang dimanfaatkan oleh warga setempat

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Surutnya air di Waduk Jatigede, Desa Wado, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang dimanfaatkan oleh warga setempat untuk dijadikan lahan pertanian karena lokasi yang asalnya terendam air kini kering kembali.

Pantauan Tribun Jabar, pada Minggu (6/9/2020), di Waduk Jatigede yang airnya surut itu, banyak warga yang sedang menaman tanaman, seperti sayuran, bahkan ada padi yang sudah tampak tumbuh subur.

Mereka memanfaatkan lahan di Waduk Jatigede itu karena ada beberapa titik yang saat ini sudah tidak terendam air lagi, bahkan saking keringnya ada beberapa lahan yang tanahnya sudah retak-retak.

Warga setempat, Sumadi (78) mengatakan, dirinya memanfaatkan lahan yang kering di Waduk Jatigede itu karena dulunya ada beberapa lahan yang merupakan bekas bangunan rumah anaknya.

Ridwan Kamil Resmikan Smart Digital Village Pesantren di Suryalaya, jadi Pilot Project Pesantren 4.0

"Iya, asalnya ini tanah yang terendam, tapi setelah airnya surut dan lahannya kering saya tanam sayuran," ujarnya saat ditemui di Waduk Jatigede.

Sumadi mengaku baru saat ini saja menanam sayuran di lahan Waduk Jatigede yang kering itu dan dirinya berharap tanamannya bisa dipanen sebelum airnya normal kembali seperti biasa.

"Kalau air datang (normal) yang gak bisa ditanam lagi dan tidak akan bisa dipRidwan Kamil Resmikan Smart Digital Village Pesantren di Suryalaya, jadi Pilot Project Pesantren 4.0anen," ucap Sumadi.

Ia mengatakan, jika tanamannya itu berhasil dipanen setelah beberapa bulan, nanti hasilnya akan dijual dan uangnya akan digunakan untuk kebutuhan sehari-sehari keluarganya.

"Ini lahan bekas rumah anak saya yang terendam, kalau dulu saya tinggal di Tangerang, terus dulu dibawa sama anak kesini," katanya.

Zaskia Gotik Ngakak Bikin Challenge Buat Aqila, Makin Akrab dengan Putri Sirajuddin Mahmud

Anggota Karang Taruna Desa Wado, Koswara mengatakan, warga yang menanam tanaman di area Waduk Jatigede yang surut itu merupakan inisiatif sendiri dan dipastikan tidak perlu ada izin dari pihak manapun.

"Dari pada lahannya tidak produktif mending dimanfaatkan, karena hasilnya bisa membantu kebutuhan masyarakat yang saat ini terdampak pandemi Covid-19," ucap Koswara.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Airnya Surut, oleh Warga Setempat Sebagian Waduk Jatigede Kini Dijadikan Lahan Pertanian, https://jabar.tribunnews.com/2020/09/06/airnya-surut-oleh-warga-setempat-sebagian-waduk-jatigede-kini-dijadikan-lahan-pertanian.
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved