Breaking News:

Pilkada Kabupaten Sukabumi

VIDEO-Semua Kursi DPRD Kabupaten Sukabumi Sudah Milik 3 Paslon, KPU Buka Pendaftaran hingga Minggu

KPU Kabupaten Sukabumi mengumumkan, sudah tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang mendaftar bertarung di Pilkada.

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengumumkan, sudah tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang mendaftar bertarung di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Budi Ardiyansyah, mengatakan, tiga paslon tersebut adalah Abu Bakar Sidik-Sirojudin, Adjo Sardjono-Iman Adinugraha, dan Marwan Hamami-Iyos Somantri.

"Alhamdulillah di hari yang kedua kami telah menerima pendaftar ketiga, yaitu Pak Marwan Hamami dan Iyos Somantri, diusung oleh empat partai politik, yaitu Partai Golkar, Demokrat, PKS, yang keempat Partai NasDem," ujar Budi, Sabtu (5/9/2020).

Budi mengatakan, pasangan Marwan-Iyos sudah memenuhi syarat pendafataran, pun dengan dua pasangan lainnya Abu Bakar Sidik-Sirojudin, serta Adjo Sardjono-Iman Adinugraha.

"Jumlah keseluruhan (Marwan-Iyos) adalah 19 kursi, artinya memenuhi, bahkan memenuhi di atas 10 persen kursi di DPR. Berkas ketiga calon lengkap, hari ini lengkap. Berkaitan dengan persyaratan pencalonan dan syarat calon, oleh tim telah diperiksa dan dinyatakan lengkap, untuk ditindaklanjuti, diteliti, dan diperiksa berkaitan dengan keabsahannya," ucap Budi.

Menurutnya, bisa dipastikan sudah tidak ada lagi partai politik yang akan mendaftarkan calon bupati dan wakil bupati karena jumlah kursi partai di DPRD yang berkoalisi sudah habis oleh tiga paslon.

Kendati demikian, pihaknya tetap membuka pendaftaran hingga Minggu (6/9/2020) besok sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

"Mengikuti aturan kami PKPU 1 dan juknis 94, kalau melihat jumlah koalisi parpol di DPRD Kabupaten Sukabumi, berarti sudah dinyatakan habis, 16 kursi, 15 kursi, sama 19 kursi, jumlahnya 50 kursi. Jadi, sudah habis. Ketentuan kami harus menutup pukul 12 malam pada hari Minggu (6/8/2020). Walaupun secara ukuran kursi telah dinyatakan habis oleh tiga pasangan tersebut," katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Semua Kursi di DPRD Kabupaten Sukabumi Sudah Milik 3 Paslon, KPU Tetap Buka Pendaftaran hingga Besok, https://jabar.tribunnews.com/2020/09/05/semua-kursi-di-dprd-kabupaten-sukabumi-sudah-milik-3-paslon-kpu-tetap-buka-pendaftaran-hingga-besok.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Giri
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved