Akhirnya, Tak Ada Lagi Anak Stunting di Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang

Kasus anak yang mengalami stunting atau gagal tumbuh hingga akhirnya bertumbuh pendek di wilayah Kecamatan Cisitu

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Ichsan
Tribun Lampung.
Ilustrasi stunting pada anak atau balita. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kasus anak yang mengalami stunting atau gagal tumbuh hingga akhirnya bertumbuh pendek di wilayah Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang saat ini sudah dinyatakan nol kasus.

Beberapa tahun terakhir, di wilayah Kecamatan Cisitu itu terdapat empat anak yang dinyatakan stunting. Keempat anak ini, merupakan warga Desa Cimarga.

Camat Cisitu, Arry Kusnadi mengatakan, program yang berhasil menekan angka stunting ini karena adanya program pencanangan Kampung KB yang dilakukan secara periodik.

"Kemudian juga peran pemerintah kecamatan yang secara berkelanjutan mengajak masyarakat untuk bangkit secara ekonomi," ujarnya di Kecamatan Cisitu, beberapa hari lalu.

Pakai Truk Kontainer, Pasangan Sholawat Resmi Mendaftar di Pilkada Indramayu 2020

Namun, kata dia, yang paling penting menurunkan angka stunting di Kecamatan Cisitu yakni kesadaran warga dalam menerapkan hidup sehat sebagaimana arahan dari program-program yang telah dilaksanakan.

Menurutnya, kontribusi besar program Kampung KB yang sudah diadakan sejak tahun 2017 untuk menekan kasus stunting ini sangat dirasakan masyarakat di Desa Cimarga.

"Keberadaan kampung KB mampu menyadarkan masyarakat perihal pentingnya kebersihan, pengembangan sumberdaya manusia dan inisiatif pengembangan usaha serta perencanaan penataan keluarga," kata Arry.

Ia mengatakan, dengan langkah-langkah tersebut masyarakat terutama di Dusun Cipeundeuy, Desa Cimarga bisa menekan angka stunting dan ditambah support dari kecamatan yang secara rutin mendukung penuh pemberantasan stunting.

Transfer Luis Suarez Seharga Kacang Goreng, di Juventus Gaji-nya Pun Cuma Sepertiga Ronaldo

Menurutnya, keberhasilan dalam menekan angka stunting ini tak lepas dari peran berbagai pihak termasuk kegigihan masyarakat dalam mengupayakan pemberantasan stunting di wilayahnya masing-masing.

"Upaya kami dalam menekan angka stunting berhasil. Di Cimarga sebagai lokus stunting kini dinyatakan zero stunting. Sehingga di Cisitu tak ada lagi yang stunting," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved