Breaking News:

VIDEO-Ikatan Cendikia Cipayung Tolak KAMI Deklarasi di Bandung, Gelar Demonstrasi di Gedung Sate

Puluhan orang yang tergabung dalam Ikatan Cendikia Cipayung menggelar demostrasi di depan Gedung Sate Kota Bandung.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Puluhan orang yang tergabung dalam Ikatan Cendikia Cipayung menggelar demostrasi di depan Gedung Sate Kota Bandung. Mereka menolak rencana diadakannya deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di satu hotel di Kota Bandung, Senin (7/9/2020).

Sebagian besar peserta aksi yang merupakan kalangan milenial mengenakan atribut yang menggambarkan alat pelindung diri, seperti hazmat dan jas hujan serta masker selama aksi berlangsung.

Sebelum tiba di Gedung Sate, mereka long march atau berjalan kaki dari arah Jalan Citarum menuju lokasi aksi mengikuti mobil komando bak terbuka. Mereka membentangkan dua buah spanduk dan pamflet bertuliskan sikap penolakan terhadap rencana di gelarnya acara deklarasi tersebut.

Koordinator aksi, Sakuntala, mengatakan, tujuan aski tersebut dalam upaya meminta pemerintah daerah, khususnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga Wali Kota Bandung, Oded M Danial, turut menolak digelarnya rencana deklarasi tersebut.

Sebab, selain sarat bermuatan politis, juga kerumunan dari hadirnya sejumlah peserta deklarasi dari luar Kota Bandung berpotensi menyebabkan terjadinya penularan covid-19. Apalagi saat ini pemerintah tengah mati-matian melawan pandemi.

"Tujuan aksi ini, kami ingin Gubernur dan Wali Kota Bandung termasuk stakeholder lainnya, turut menolak terselenggaranya deklarasi KAMI di Kota Bandung. Apalagi informasi yang kami peroleh, yang hadir adalah mereka yang berasal dari luar kota atau daerah-daerah yang merupakan zona merah penyebaran covid-19. Maka kami tidak ingin Kota Bandung yang kami cintai, dan saat ini mulai beranjak pulih, justru harus kembali menderita lantaran adanya klaster baru dari pertemuan tersebut," ujarnya.

Sakuntala pun menuturkan, kegiatan deklarasi KAMI dinilai hanya sebagai ajang penggiringan partisipan untuk dapat masuk dalam struktural di pemerintahan.

Untuk itu pihaknya meminta kepada Ridwan Kamil dan Oded M Danial agar tidak memberikan izin kegiatan tersebut dengan mengedepankan kepentingan rakyat.

"Kepentingan rakyat di Indonesia itu nomor satu, bukan kepentingan kelompok, apalagi kepentingan individu. Maka kaitannya aksi kami ini adalah sebagai salah satu upaya membantu pemerintah memulihkan kondisi kesehatan dan ekonomi masyarakat yang selama pamdemi sangat berdampak sekali bagi sektor kehidupan warga Kota Bandung," ucapnya.

Pihaknya akan terus berjuang mati-matian hingga akhir dan semaksimal mungkin agar rencana digelarnya deklarasi itu batal di Kota Bandung.

Seusai menggelar orasi di depan Gedung Sate, massa bergerak ke Polrestabes Bandung.

Mereka meminta pihak kepolisian agar tidak memberikan izin keramaian dari rencana kegiatan tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ikatan Cendikia Cipayung Tolak KAMI Deklarasi di Bandung, Gelar Demonstrasi di Gedung Sate, https://jabar.tribunnews.com/2020/09/03/ikatan-cendikia-cipayung-tolak-kami-gelar-deklarasi-di-bandung-gelar-demonstrasi-di-gedung-sate.

Penulis: Cipta Permana
Editor: Giri
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: Cipta Permana
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved