Breaking News:

Awas Tanaman Aglonema Jadi Incaran Pencuri, Harganya Bisa Mencapai Rp 1 Juta

Tingginya minat masyarakat untuk mengoleksi tanaman ini ternyata menimbulkan niat jahat dari sejumlah orang

Kompas.com
Eka Setyawati, warga Jalan Jambu Kota Madiun berada ditengah-tengah koleksi tanaman hias Aglonemanya yang dijual mulai Rp 50.000 hingga jutaan rupiah. 

TRIBUNJABAR.ID - Aglonema kini menjadi incaran para pehobi tanaman hias. Warnanya yang menarik menjadi daya tarik tersendiri untuk dikoleksi di pekarangan rumah.

Tingginya minat masyarakat untuk mengoleksi tanaman ini ternyata menimbulkan niat jahat dari sejumlah orang yang ingin mengeruk keuntungan pribadi. Misalnya kejadian baru-baru ini di Bandar Lampung, tanaman aglonema beserta pot nya dibawa lari pencuri.

Para pencuri tidak segan masuk ke pekarangan rumah untuk mengambil aglonema beserta potnya. Lalu, berapa sebenarnya harga aglonema hingga diburu masyarakat?

Salah seorang penjual sekaligus pehobi aglonema asal Madiun, Jawa Timur, Eka Setyawati (28) mengatakan, harga aglomena bervariasi, bergantung jenis, warna, dan ukuran.

Misalnya harga aglonema yang dijual jual dari Rp 50.000 hingga Rp 1 jutaan. 

“Untuk paling murah dijual saat ini harganya berkisar Rp 50.000, aglonema jenis lipstik. Kalau di atas itu ada harga Rp 100.000 sampai dengan Rp 1 juta,” ujar Eka saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (2/9/2020).  

Aglonema yang paling banyak diburu yang daunnya didominasi warna merah, yakni suksom jaipong dan red anjamani. “Kalau ibu-ibu pokoknya nyari yang warna merah. Kalau daunnya merah itu rata-rata impor dari Thailand dengan harga mulai Rp 100.000,” kata Eka.

Harga aglonema makin mahal manakala sudah pernah menang mengikuti kontes. Pembeli aglonema bisa datang dari kalangan, termasuk para pejabat.

Eka pernah melayani pesanan istri Bupati Madiun, Penta Ahmad Dawami.

Beberapa kali Eka mengantar langsung pesanan istri orang nomor satu di Pemkab Madiun itu. (kompas.com/muhlis al alawi)

Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved