Breaking News:

Laswicity Heritage Akan Jadi Ruang Publik dan Tempat Wisata yang Lengkap di Bandung

ruang sesuai kategori dan kebutuhan masyarakat, seperti area food & beverages, lifestyle, entertainment, dan pusat olahraga hingga area amphitheater

TRIBUN JABAR/SITI FATIMAH
KONSEP LASWICITY - Direktur Operasi PT Wijaya Karya (WIKA) Realty, Eri Pranoto (kedua dari kiri) bersama tim Quad Event Management menunjukkan salah satu konsep yang akan diusung di Laswicity Heritage pada acara media gathering di Jalan Sukabumi, Jumat (28/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ruang publik merupakan suatu kebutuhan dan diharapkan dapat memudahkan dan menunjang kebutuhan masyarakat pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Sejalan dengan hal itu, sinergi BUMN antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menyepakati optimalisasi aset lahan kerja sama Gudang Persediaan PT KAI seluas 20 hektare berikut bangunan cagar budaya (heritage) di atasnya.

“Kami akan mengoptimalkan bangunan ini untuk dialihfungsikan sehingga memiliki nilai ekonomi baru dengan bentuk kerja sama bangun guna serah (built operate transfer) selama 50 tahun,” kata Direktur Operasi PT Wijaya Karya Realty, Eri Pranoto pada acara media gathering Laswicity Heritage di Jalan Sukabumi, Jumat (28/8/2020).

Menurut Eri, gudang tersebut merupakan tempat penyimpanan dan pendistribusian komponen atau spare part kereta api (baik yang baru maupun bekas) yang sebagian besar lahannya masih belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. “Jika ditinjau dari segi arsitektur, gudang tersebut memiliki nilai historis yang tinggi karena tampilan muka yang sangat klasik dan khas gaya Belanda sesuai masa pembangunannya,” katanya.

Dari nilai ekonomis bangunan dan lokasi lahan, kata Eri, sangat tepat untuk dioptimalkan sebagai ruang publik karena ditunjang oleh kemudahan akses transportasi, aktivitas ekonomi, dan bisnis yang prospektif di sekitarnya.

Direktur Utama PT Fasen CreYve Quality (Quad Event Management), Michael Bayu A Sumarijanto, mengatakan, WIKA melalui anak usahanya PT Wijaya Karya Realty (WIKA Realty) akan menghadirkan Laswicity Heritage (L-Heritage) sebagai destinasi ruang publik baru untuk beraktivitas dan berkreativitas di tatanan normal yang baru. Laswicity Heritage disiapkan dapat beroperasi pada medio 2021.

“Sarana dan prasarana yang ada di destinasi baru ini tentunya sudah disesuaikan dengan perilaku atau kebiasaan baru masyarakat,” katanya.

Menurut Michael, pengunjung akan tetap menikmati ruang publik dan berinteraksi dengan aman. Dengan semangat bangkit dari dampak pandemi, destinasi baru ini akan menciptakan ruang bisnis baru yang menjanjikan bagi pengusaha lokal serta menjadi ruang wisata baru bagi keluarga dan berbagai komunitas.

Sebagai perusahaan yang terkemuka di bidang pengembangan realty, manajemen properti, dan pengelolaan gedung, WIKA Realty juga mengedepankan digitalisasi teknologi dalam proses bisnisnya di era adaptasi kebiasaan baru sesuai dengan arahan dan ketentuan Kementerian BUMN melalui surat Nomor: 5.336/MBU/05/2020 pada 15 Mei 2020 perihal Antisipasi Skenario The New Normal BUMN.

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Darajat Arianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved