Pertamina Rugi Rp 11 Triliun, Nama Ahok Trending di Twitter, Ada yang Tulis Thank You Ahok

Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan PT Pertamina sempat trending topic di Twitter.

Editor: Giri
instagram agan harahap
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan PT Pertamina sempat trending topic di Twitter.

Penyebabnya, PT Pertamina (Persero) mencatatkan kerugian bersih sebesar 767,92 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 11,13 triliun pada semester I 2020.

Padahal, pada periode yang sama pada 2019, perusahaan migas pelat merah tersebut mencatatkan laba senilai 659,96 juta dolar AS atau Rp 9,56 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan di laman resmi perusahaan, penurunan laba diakibatkan pendapatan perusahaan berkurang dari 25,55 miliar dolar AS menjadi 20,48 miliar dolar AS.

Selain itu, beban produksi hulu dan lifting juga naik dari 2,38 miliar dolar AS pada periode Januari-Juni 2019 menjadi 2,43 miliar dolar AS pada Januari-Juni 2020. 

Selanjutnya, beban dari aktivitas operasi lainnya yang melonjak dari 803,7 juta dolar AS menjadi 960,98 juta dolar AS pada semester I 2020.

Hasil penjualan dalam negeri minyak mentah, gas bumi, energi panas bumi dan produk minyak Pertamina turun dari 20,94 miliar dolar AS menjadi 16,56 miliar dolar AS pada periode ini.

Sementara itu, penjualan ekspor minyak mentah, gas bumi, dan produk minyak justru naik dari 1,61 miliar dolar AS menjadi1,76 miliar dolar AS.

Berkurangnya penjualan juga disebabkan penggantian biaya subsidi dari pemerintah turun, dari 2,51 miliar dolar AS menjadi 1,74 miliar dolar AS.

Menanggapi kerugian yang dialami Pertamina, banyak warganet yang mengaitkannya dengan kinerja Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Ahok yang dinilai bisa menyelamatkan keuangan PT Pertamina justru malah sebaliknya. PT Pertamina mencatatkan kinerja buruk pada semester I 2020.

Kabar kerugian itulah yang kemudian membuat Ahok menjadi bahan perbincangan netizen. Hingga Selasa pagi (25/8/2020), nama Ahok bahkan menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Banyak netizen yang terkejut dengan pencapaian pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu.

"Thank you Ahok" tulis @ImadHasan95 memberikan sindiran.

Mantan Lesti Kejora Hapus Foto Pernikahan, Istrinya Tulis Ini di Insta Story

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved