Breaking News:

Dinas KUK Jabar Siapkan 10 Juta Masker Gratis untuk Dibagikan ke Masyarakat pada Oktober Mendatang

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat berencana mendistribusikan 10 juta masker gratis, karena banyak warga yang melanggar tak pakai masker

Penulis: Cipta Permana | Editor: Dedy Herdiana
Tribun Jabar/Firman Suryaman
ILUSTRASI: Petugas memberi dan membantu memasangkan masker kepada pengendara sepeda motor yang tak membawa masker di Jalan Letnan Harun, Sabtu (25/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Melihat masifnya penerapan sanksi pemerintah bagi para pelanggar yang tidak mengenakan masker, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat berencana mendistribusikan 10 juta masker gratis kepada masyarakat Oktober mendatangan.

Sejumlah masker tersebut yang merupakan kolaborasi dari sekitar 1.000 pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang tersebar di Jabar.

Kepala Dinas KUK Jabar, Kusmana Hartadji mengatakan, dalam tahapan produksi masker tersebut, pihaknya telah melakukan verifikasi dan validasi kepada sejumlah pelaku UKM konveksi di Jabar.

VIDEO-KECELAKAAN DI NAGREG BANDUNG, Jalan Ditutup Begini Proses Evakuasi Truk dan Mobil Boks

HEBOH Soal Pemain Liga 1 yang Makan Sembarangan, Pelatih Persib Tanggapi Begini Soal Pemainnya

Pada tahap pertama, Dinas KUK Jabar telah melibatkan 200 pelaku UKM dalam pengadaan masker ini. Sedangkan pada tahap dua, yang saat ini sedang berlangsung ditargetkan menggandeng sekitar 400 hingga 600 UKM.

"Setelah dimastikan dokumen persyaratan UKM ini lengkap, mereka dapat langsung produksi membuat masker, yang nantinya masker tersebut bakal dibagikan kepada masyarakat, pedagang di pasar, pesantren maupun instansi lainnya. Targetnya, mudah-mudahan bulan Oktober (2020) ini sudah selesai dan sudah dibagikan kepada masyarakat," ujarnya saat ditemui di kantornya, Selasa (25/8/2020).

Menurutnya, upaya pelibatan UKM dalam kegiatan produksi masker ini, diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi selama beberapa bulan terakhir.

Adapun, alokasi belanja masker ini, berasal dari dana APBD Pemprov Jabar lewat pembelanjaan tidak langsung

"Mudah-mudahan dengan adanya pembagian 10 juta masker gratis ini, dapat membangkitkan kondisi perekonomian para pelaku usaha dan masyrakat, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan, salah satunya senantiasa mengenakan masker saat beraktivitas kapanpun dan dimanapun," ucapnya.

UPDATE Kasus Covid-19 di Indonesia Selasa 25 Agustus 2020, Menjadi 157.859 Kasus Positif

Mau Sepeda Lipat Murah? Ini Rekomendasi Daftar Harga Sepeda yang Murah, Mulai Rp 1 Jutaan

Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung temukan 260 pelanggar protokol kesehatan di 126 titik, selama Kamis (13/8/202) hingga Sabtu (22/8/2020).

Pelanggar tidak hanya masyarakat yang tidak tertib menggunakan masker, melainkan ada pula sebuah tempat hiburan yang ditutup karena buka tanpa izin.

Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan, operasi dilakukan dalam rangka penegakan peraturan Wali Kota Bandung nomor 46 tahun 2020 tentang masa AKB di masa pandemi COVID-19.

"126 titik yang di-monitor oleh petugas. Sebanyak 260 kasus pelanggaran terjadi dilakukan masyarakat tidak memakai masker, berkerumun, dan usaha beroperasi tanpa izin," ujar Rasdian beberapa waktu lalu. (Cipta Permana).

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved