Breaking News:

VIDEO-Meninggal di Taiwan, Adakah Asuransi untuk TKI asal Desa Pawidean Indramayu Ini?

Asuransi itu diberikan untuk meng-cover Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI yang meninggal dunia melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Teguh Kurnia

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Pihak PJKTI yang memberangkatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias TKI Asal Indramayu AH (28) ke Taiwan berjanji bakal memperjuangkan hak almarhum berupa asuransi sebagaimana yang menjadi kebijakan pemerintah.

Asuransi itu diberikan untuk meng-cover Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI yang meninggal dunia melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Kakak sepupu AH, Saprudin Arip (39) mengatakan, mereka berjanji bakal menjadi fasilitator dari pihak almarhum untuk mengklaim asuransi tersebut.

"Untuk asuransi, tadi dari pihak agency atau PT bersedia memfasilitasi menjadi fasilitator untuk mencairkan yang menjadi hak-hak almarhum," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di rumah duka di Desa Pawidean, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Sabtu (22/8/2020) malam.

Seperti diberitakan sebelumnya, AH ditemukan meninggal dunia secara misterius di kamar messnya di Taiwan pada Rabu (12/8/2020) sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

AH sendiri adalah seorang TKI legal yang berangkat melalui PJTKI resmi.

Dijelaskan Saprudin Arip, karena berangkat secara resmi sehingga pihak PJTKI sangat bertanggung jawab terhadap almarhum.

Mulai dari pemberangkatan hingga saat pemulangan jenazah ke tanah air pun pihak PJKTI yang mengurus, termasuk saat memberi kabar pertama kepada keluarga soal meninggalnya AH.

"Selama ini pihak PT yang memberangkatkan almarhum, saya pribadi menilai sangat kooperatif, baik, punya komitmen. Intinya punya komitmen yang bagus karena AH sendiri juga TKI resmi, TKI legal," ujarnya.

Sementara di Taiwan, hak AH diketahui sudah dipenuhi seluruhnya oleh perusahaan yang mempekerjakan.

Pada bulan Agustus, upah AH selama 11 hari bekerja sebelum dikabarkan meninggal dunia pada 12 Agustus 2020 sudah dipenuhi semua.

"Yang saya ketahui kemarin gaji yang bulan terakhir selama 11 hari itu sudah diambil oleh adiknya. Semua perlengkapan seperti baju, barang-barang pribadi milik almarhum juga sudah diambil," ujar dia.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Meninggal di Taiwan, Adakah Asuransi untuk TKI asal Desa Pawidean Indramayu Ini?,

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Ravianto
Video Production: Edwin Tk

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved