Breaking News:

Pemkot Bandung Gali Ekonomi Kreatif untuk Alternatif Tingkatkan PAD, Pariwisata Terpuruk Covid-19

Pemkot Bandung akan menggali sektor ekonomi kreatif untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Ichsan
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemkot Bandung akan menggali sektor ekonomi kreatif untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, potensi ekonomi kreatif di Kota Bandung cukup tinggi apabila digali secara optimal.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah membahas hal tersebut bersama DPRD dan bakal dituangkan melalui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

"Kan ekonomi kreatif belum kita gali, kita sedang bahas di Raperda soal ekonomi kreatif, mungkin kita bisa menambah PAD lewat ekonomi kreatif," ujar Kenny, saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (20/8/2020).

Biodata Adhisty Zara, Eks Member JKT 48 yang Cantik dan Sukses Jadi Aktris, Kini Dia Viral

Selama ini, kata dia, sektor pariwisata seperti hotel, restoran dan tempat hiburan menjadi sumber pajak yang lumayan besar menyumbang PAD Kota Bandung. Kini, PAD tersebut berkurang akibat pandemi Covid-19.

Meski perlahan sudah diberikan izin operasional, kata dia, sejumlah sektor usaha tersebut belum berjalan optimal. Apalagi tempat hiburan masih belum ada yang beroperasi.

Untuk tempat hiburan, Pemkot Bandung memberi lampu hijau untuk beroperasi. Namun, para pemilik tempat hiburan itu perlu mengajukan permohonan dan melengkapi protokol kesehatan ketat.

"Kita perhatikan terus hotel, tempat hiburan, restoran, tapi ekonomi kreatif terus kita gali, makanya sekarang Raperda itu sedang kita bahas," katanya.

Temuan ICW, Pemerintah Keluarkan Duit Buat Influencer hingga Rp 90,45 Miliar

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved