Breaking News:

Sudah Memesan Uang Pecahan Khusus 75 Ribu? Berikut Jadwal & Aturan Penukaran Uang di Kantor BI Jabar

Ini jadwal dan aturan penukaran uang edisi khusus Kemerdekaan Indonesia di Bandung.

istimewa
Uang Peringatan Rp 75 Ribu 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat (KPwBI) hari ini, Selasa (18/8/2020) mulai menerima penukaran uang pecahan khusus atau PUK nominal 75 ribu rupiah.

Untuk menghindari kerumunan massa, KPwBI Jabar membagi jadwal penukaran menjadi tiga batch.

Dari keterangan resmi biro humas KPwBI Jabar yang diterima Tribun, disebutkan jadwal penukaran PUK yakni batch pertama pukul 08.00-09.00, batch kedua pukul 09.00-10.00, dan batch ketiga pukul 10.00-11.00.

Sesuai mekanisme, masyarakat yang sudah mendaftar atau registrasi melalui aplikasi PINTAR untuk mendapatkan PUK sudah menentukan sendiri jadwal penukaran berupa hari dan tanggal penukaran.

Setelah itu, calon pemesan akan mendapatkan bukti pemesanan dalam bentuk cetak atau digital yang harus disimpan.

Calon pemesan bisa langsung datang ke lokasi pemesanan sesuai jadwal yang dipilih dengan membawa KTP asli dan bukti pemesanan serta mensiapkan uang tunai senilai Rp 75 ribu.

Bila dalam jadwal yang sudah dipilih calon pemesan tidak bisa datang ke lokasi penukaran, dapat diwakilkan kepada pihak yang dipercaya dengan membawa Surat Kuasa bermaterai cukup, KTP asli pemesan, dan bukti pemesanan.

Saat penukaran, calon pemesan harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti menggunakan masker.

Seperti yanh sudah diberitakan, Bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 Tahun Kemerdekaan RI, Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merilis uang Rupiah edisi khusus dalam rangka menandai era baru kemerdekaan bangsa.

Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia dalam bentuk uang kertas 75 ribu Rupiah dilakukan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, secara virtual, Senin (17/8/2020).

UPK 75 Tahun RI ini dapat diimiliki oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), melalui mekanisme penukaran uang Rupiah pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id. Satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI.

Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB.

Penukaran uang dapat dilakukan di seluruh Kantor Bank Indonesia mulai 18 Agustus 2020.

Selanjutnya, mulai 1 Oktober 2020, penukaran dapat dilakukan di Kantor Bank Indonesia dan kantor bank umum yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan Bank Indonesia.

Uang Rupiah Khusus Rp 75 Ribu Dirilis, Ini Cara Mendapatkannya, Bisa Ditukar Mulai Hari Ini

Penulis: Siti Fatimah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved