Ini Jadwal Ridwan Kamil Disuntik Vaksin Covid-19, Masih di Bulan Agustus

Ridwan Kamil menyatakan dirinya sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi relawan uji klinis calon vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech, Tiongkok.

Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (6/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan dirinya sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi relawan uji klinis calon vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech, Tiongkok.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini pun dijadwalkan akan disuntik pada 25 Agustus 2020.

"Saya akan disuntikkan vaksin percobaan ini di tanggal 25 ( Agustus)," kata Emil dalam sebuah diskusi virtual yang disiarkan Humas Pemerintah Provinsi Jabar, Kamis (13/8/2020).

Emil mengatakan keputusannya menjadi salah satu relawan diharapkan bisa menghapus anggapan yang menyatakan bahwa masyarakat dijadikan objek percobaan vaksin tersebut.

Jika dibiarkan, katanya, dikhawatirkan situasi kritik bisa lebih parah dan berujung pada provokasi.

Emil mengatakan langkahnya ini pun diharapkan bisa menambah kepercayaan publik bahwa proses uji klinis sudah melalui berbagai tahapan medis yang ketat.

Wawancara Khusus Ridwan Kamil Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19: Tidak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan

Emil menganggap bahwa menjadi relawan merupakan bentuk bela negara melawan Covid-19 yang sudah menjadi pandemi ini.

"Saya sadari banyak kritikan ke pemerintah, makanya saya ikut jadi relawan, karena ada hoaks atau provokasi," ucapnya

Emil mengatakan hampir sepanjang tahun ini, wabah Covid-19 berpengaruh besar pada banyak sektor. Ia berharap semuanya bisa berakhir dengan hadirnya vaksin.

Ridwan Kamil, Kapolda Jabar dan Pangdam Siliwangi Jadi Relawan Virus Corona

Sebelum adanya vaksin, masyarakat harus sama-sama menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan dirinya sudah terdaftar sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19.

Emil mengatakan keikutsertaannya tersebut adalah langkahnya sebagai pemimpin untuk meyakinkan masyarakat bahwa semua pihak berupaya mengatasi pandemi Covid-19

"Kalau pemimpinnya ikut, ya rakyatnya yakin, bahwa semuanya berproses secara ilmiah. Jadi tidak ada istilah, oh rakyat dikorbankan, pemimpinnya aja enggak yakin, masa rakyatnya harus ikutan, enggak. Semuanya juga ikutan. Makanya gubernur juga ikutan dalam proses ini," kata Emil di Gedung Pakuan Kota Bandung, Senin (10/8).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved