Breaking News:

VIDEO-Senjata Pejuang Kemerdekaan Tersimpan di Museum Prabu Siliwangi Ponpes Dzikir Al-Fath

Hampir 350 tahun bangsa Indonesia dijajah sejumlah bangsa, mulai dari Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Hampir 350 tahun bangsa Indonesia dijajah sejumlah bangsa, mulai dari Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda, hingga negara sakura Jepang.

Hingga akhirnya Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1945 memproklamasikan kemerdekaan Indenesia.

Pada 17 Agustus 2020 nanti kemerdekaan Indonesia sudah berumur 75 tahun. Dalam merebut kemerdekaan itu tentunya tidaklah mudah para penjuang rela kehilanggan harta benda hingga nyawanya sendiri. 

Meskipun sejumlah bangsa penjajah itu telah dilengkapi persenjataan yang jauh lebih modern dari bangsa Indonesia. Para pejuang kemerdekaan tidak gentar untuk melawannya meski dengan senjata yang sangat tradisional. 

Bukti sejarah sejumlah senjata yang digunakan untuk berperang para penjuang kemerdekaan Indonesia itu, beberapa diantaranya tersimpan rapi di Museum Prabu Siliwangi di Pondok Pesatren (Ponpes) Dzikir Al-Fath Kota Sukabumi.

Sejata tajam yang digunakan para penjuang mulai dari Golok, Keris, Pedang, Tombak serta beberapa senjata tradisional lainnya masih terjaga, dan tersimpan rapih di Musieum itu.

"Ada berbagai jenis Golok yang tersimpan di Museum kami, diantaranya Golok Ciomas Banten, Golok Siliwa Betawi, hingga Golok khas daerah Sukabumi yaitu Golok Pawayangan," kata KH. Fajar Laksana Pendiri Museum Prabu Siliwangi.

Golok dari berbagai daerah dengan berbagai macam jenis itu pun, dan sudah berumur puluhan tahun itu mata pisaunya masih sangat tajam. Bahkan terdapat bekas sisa peperangan yang digunakan para pejuang untuk mengusir para penjajah.

Selain itu, Golok yang berasal dari wilayah Banten  dan terbuat dari bahan material baja terdapat ukiran sebuah ayat dari Al-quran, dan lafadz Allah dan Nabi Muhammad SAW.

Halaman
12
Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved