Breaking News:

YLKI Minta Pemerintah Atasi Maraknya Klaim Obat Covid-19

Pertama, pemerintah diminta untuk memperbaharui politik manajemen penanganan wabah melalui instrumen kebijakan. Pasalnya di tengah penyebaran Covid-19

Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
ILUSTRASI simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Kamis (6/8/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Klaim obat Covid-19 marak terjadi di Tanah Air. Bahkan, beberapa waktu lalu masyarakat dihebohkan dengan seseorang bernama, Hadi Pranoto, yang mengatakan sudah menemukan obat herbal Covid-19.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, mengatakan, perlu ada langkah-langkah yang dilakukan pemerintah guna mengatasi hal itu.

Pertama, pemerintah diminta untuk memperbaharui politik manajemen penanganan wabah melalui instrumen kebijakan. Pasalnya, di tengah penyebaran Covid-19 yang masih tinggi, pemerintah dinilai sudah terlalu fokus terhadap pemulihan ekonomi.

Hal ini justru mengakibatkan jumlah positif Covid-19 terus bertambah, namun pada saat bersamaan, perekonomian nasional juga menurun lebih dalam.

“Terlalu terkungkung dengan persoalan ekonomi, wabahnya makin luas dan ekonominya jeblok. Harus fokus pada masalah penanganan pandemi,” ujar Tulus, dalam konferensi pers virtual, Senin (10/8/2020).

Tulus juga mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait obat dan herbal. Tulus mengaku khawatir masyarakat dapat mengkonsumsi obat yang belum teregistrasi di BPOM tanpa tahu kandungan zat yang ada di dalamnya.

“Yang sering terjadi obat-obat itu karena belum teregistrasi BPOM dicampur obat kimia,” ujarnya.

Terakhir, pemerintah diminta menciptakan hukum yang konsisten, berkelanjutan, dan terintegrasi sampai sisi hulu khususnya penegakan melalui platform online.

“Karena sekarang marak media sosial, maka BPOM harus bersinergi dengan plaform digital, memasarkan itu, atau lewat Kominfo, iklan-iklan liar harus di-take down, adu kuat melindungi konsumen dari klaim-klaim yang abal-abal,” ucap Tulus. (rully r ramli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Marak Klaim Obat Covid-19, YLKI Minta Pemerintah Lakukan ini"

Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved