Pengunjung Objek Wisata dan Pesantren Sumedang Akan Jadi Sasaran Tes Pakai PCR Portabel

Petugas Dinas Kesehatan dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Sumedang akan dilatih untuk mengoperasikan alat PCR portabel.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Giri
tribunjabar/hilman kamaludin
Uji coba alat PCR Portabel di Gedung Negara Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Petugas Dinas Kesehatan dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Sumedang akan dilatih untuk mengoperasikan alat PCR portabel sebelum alat tersebut digunakan untuk swab test secara mobile.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, mengatakan, alat yang merupakan bantuan dari Pemprov Jabar tersebut akan secepatnya digunakan karena pihaknya ingin secepatnya mengetahui hasil tracing dari kontak erat pasien positif Covid-19.

"Tenaga kami di lapangan dari Dinkes dan Labkesda akan dilatih untuk mengoperasionalkan mesin tadi (PCR portabel)," ujar Dony Ahmad Munir saat ditemui seusai menerima PCR portabel dari Dinkes Pemprov Jabar di Gedung Negara, Sumedang, Selasa (10/8/2020).

Dalam waktu sepekan atau dua pekan ke depan, pihaknya juga bakal menerima bantuan mobil dari Pemprov Jabar untuk mendukung operasional alat yang akan digunakan untuk melakukan swab test tersebut.

"Alat PCR Portabel ini bisa dibawa kemana-mana. Nanti kami akan dapat bantuan mobil yang akan digunakan untuk berkeliling melakukan swab test," kata Dony.

Ia mengatakan, sasaran swab test menggunakan alat tersebutadalah pesantren dan objek wisata. Untuk pasar, mal, perkantoran, dan industri sudah dilakukan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Jabar, Siska Gerfianti, mengatakan, swab test menggunakan alat PCR portabel ini hasilnya bisa langsung diketahui dengan waktu sekitar 40 menit.

"Alat ini cara kerjanya cukup praktis, disebut PCR portabel karena (alatnya) hanya dikemas dalam dua koper berukuran sedang dan kecil, jadi bisa dibawa kemana-mana," ujar Siska.

Terkait cara kerjanya, alat ini tidak jauh berbeda dengan PCR biasa, hanya saja hasilnya bisa diketahui lebih singkat. Sedangkan PCR biasa membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya karena harus diperiksa di laboratorium.

"Dari mulai pengambilan sempel, hingga pemeriksaan (sempel), hasilnya bisa diketahui sekitar 40 menit, kalau total dengan persiapan segala macam paling satu jam," katanya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved