Breaking News:

Modus Langka Curanmor di Indihiang, Motor Korban Tinggal di-Step Pelaku

Terbongkarnya kasus tersebut setelah para tersangka menjual motor hasil curian melalui media sosial dan diketahui pemilik motor.

Tribun Jabar/Andri M Dani
(ilustrasi) Pelaku pencurian sepeda motor asal Tasikmalaya ini berhasil menggasak 10 sepeda motor di wilayah Pangandaran, salah satunya berupa motor trail pelat merah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Modus operandi yang dilakukan empat tersangka pencuri motor di Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya tergolong langka.

"Mereka hanya memilih sasaran sepeda motor yang pemiliknya lupa mengunci leher dan ditinggal begitu saja," kata Kapolsek Indihiang, Polresta Tasikmalaya, Kompol Didik Rohim Hadi, di Mapolsek, Selasa (4/8).

Uniknya lagi, lanjut Kapolsek, sepeda motor curian bukan dinyalakan mesinnya dengan kunci T, tapi ditandem oleh motor tersangka lain hingga ke rumah salah seorang tersangka.

"Kalau istilah populernya di masyarakat adalah distep. Yakni mendorong motor oleh motor lain, menggunakan kaki kiri yang ditempel ke step motor yang didorong," kata Didik.

Sejauh ini keempat tersangka sudah melakukan dua aksi pencurian dan berhasil menggondol Yamaha Vixion dan Honda Vario di wilayah hukum Polsek Indihiang.

Terbongkarnya kasus tersebut setelah para tersangka menjual motor hasil curian melalui media sosial dan diketahui pemilik motor.

Ia segera lapor polisi.

Polisi pun menyamar menjadi pembeli hingga janjian untuk bertemu. Tersangka pun membawa motor curian ke lokasi pertemuan.

Pemilik motor yang ikut mengenali motor sebagai miliknya.

Petugas pun akhirnya membekuk tersangka pelaku, hingga jumlahnya sebanyak empat orang.

Semuanya anggota kawanan bermotor di Tasikmalaya.

Keempat pemuda itu masing-masing AA (18) warga Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, FG (17) warga Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, RR (20) dan YFH (19) keduanya warga Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya.

Mereka terancam pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (firman suryaman)

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved