Breaking News:

KUNINGAN Jadi Daerah Pertama di Jabar yang Boleh Belajar Tatap Muka, Dimulai Senin Besok, Sistem Sif

Bupati sudah mengeluarkan Perbup. Pelajar di Kuningan besok kembali ke sekolah.

Ilustrasi Ari Ruhiyat
Ilustrasi kembali ke sekolah 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Pemerintah Kabupaten Kuningan memberikan kelonggaran bagi pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Ini dibuktikan dengan keluarnya Peraturan Bupati terbaru bernomor 59 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perbup nomor 47 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Kuningan Nomor 51 Tahun 2020.

"Perbup ditandatangani Bupati Kuningan, H Acep Purnama, pada Kamis (30/07/2020). Perubahan atas Perbup terdahulu ini berdasarkan kajian dan evaluasi penerapan pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Kuningan," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kuningan, Agus Mauludin, Sabtu (1/8/2020).

Dia mengatakan, penanggung jawab sekolah dan institusi pendidikan atau pimpinan tempat kerja serta pemilik moda transportasi yang akan melaksanakan adaptasi kebiasaan baru (AKB) wajib menyampaikan surat permohonan kepada Kepala Perangkat Daerah yang membidangi dengan dilampiri surat pernyataan siap melaksanakan AKB.

Dalam Perbup mengatur bahwa Kepala Perangkat Daerah yang membidangi melakukan penelaahan atas setiap permohonan dan memberikan persetujuan apabila memenuhi persyaratan.

"Lalu Perbup tersebut juga melampirkan format surat permohonan, surat pernyataan, surat persetujuan, Juknis Penyelenggaraan Resepsi, Juknis Penyelenggaraan acara, hiburan, hobi, komunitas, dan olahraga berkelompok dan juknis penyelenggaraan kafetaria, karaoke, warung kopi, dan rumah makan," katanya.

Kemudian, sistem pembelajaran sekolah dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan kemampuan sekolah dan persetujuan dari orang tua siswa.

"Terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) pembelajaran secara tatap muka ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan dengan memastikan proses pembelajaran tetap berjalan dan terpenuhinya hak peserta didik dalam mendapatkan pendidikan dengan memperhatikan protokol kesehatan," katanya.

Pihak penyelenggara pendidikan, kata Agus, diharuskan melakukan pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di lokasi dan lingkungan sekolah dan/atau institusi pendidikan formal dan non formal lainnya.

Halaman
12
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved