Breaking News:

Dari Usaha Beresin Kamar Kos, Alumni Perguruan Tinggi Beken Ini Raup Omzet Rp 24 Juta

Awalnya, Anggita dan Novia hanya membuka jasa membereskan kamar kos untuk temen-teman dekat. Namun tak disangka, permintaan melonjak dari hari ke hari

DOKUMENTASI ANGGITA SYIFA
Pemilik layanan jasa Beresin Kosmu di Yogyakarta, Anggita Syifa dan Novia Rahma. 

Ide memulai usaha atau bisnis bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Bisa ide sendiri, keluarga bahkan dari teman-teman dekat. Kuncinya adalah soal kejelian membaca peluang.

Hal itu juga yang membuat dua alumni Universitas Gajah Mada (UGM), Anggita Syifa dan Novia Rahma membuka usaha rintisan bernama Beresin Kosmu. Ya, usaha mereka adalah membereskan kamar kos.

Anggita adalah alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) UGM, dan Novia Rahma alumni jurusan Akutansi UGM.

Kepada Kompas.com, Anggita menceritakan ide awal membuka usahanya datang berkat permintaan teman-temannya. Saat itu, ia diminta membereskan kamar kos temannya yang ditinggalkan setelah masa perkuliahan selesai.

“Teman aku dulu yang asalnya dari Riau merantau ke Yogyakarta untuk kuliah. Dia buat instastory di IG kalau dia butuh orang yang mau dibayar untuk membersihkan kamar kosnya dan mengirim barang-barangnya. Nah aku mau kan secara dibayar dan dia juga teman dekat aku,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/7).

Saat itu, Anggita dan Novia mulai membaca peluang. Apalagi, banyak perantau ke Yogyakarta untuk kuliah dan otomatis indekos. Awalnya, Anggita dan Novia hanya membuka jasa membereskan kamar kos untuk temen-teman dekat. Namun tak disangka, permintaan melonjak dari hari ke hari. Akhirnya keduanya memutuskan membuka usaha dengan nama Beresin Kosmu.

“Mempromosikan usaha ini dulunya masih dari mulut ke mulut saja awalnya, dari satu teman yang sudah merasakan layanan jasa ini terus direkomendasikan ke teman lainnya. Lama-kelamaan saya dan Novia melihat, sepertinya bisnis usaha ini banyak dibutuhkan makanya resmi kami buka jasa ini pada Juni (2020),” kata ucap Novia.

Bahkan, kata dia, usaha membersihkan dan mengirim barang-barang kos-kosan sudah memiliki cabang. Selain di Yogya, saat ini cabangnya dibuka di Solo dan Semarang.

Dari Menyapu hingga Memanaskan Mesin Motor
Omzet yang dihasilkan dari usaha ini pun tidak sedikit. Mereka berhasil mendapatkan omzet, sekitar Rp 24 juta setelah sebulan beroperasi. Harga layanannya pun bervariasi tergantung layanan yang dipilih dan besaran barang. Layanan membersihkan kos tarifnya sekitar Rp 130.000 mulai dari menyapu, mengepel hingga memanaskan mesin motor.

“Nah kalau mau mengirim, biayanya juga tergantung pada ekspedisi pengiriman yang dipakai. Tapi kalau misalnya barangnya sudah di-packing sama mereka, bayarnya Rp 50.000 saja untuk biaya antar jemput dari kosan ke tempat pengiriman dan itu di luar biaya ekspedisinya,” katanya.

Meski begitu, Beresin Kosmu hanya melakukan 3 kali layanan dalam sehari. Hingga saat ini total lebih dari 70 pelanggan yang memanfaatkan layanan dalam satu bulan.

“Alhamdullilah banyak yang percaya. Kami senang banget banyak pelanggan. Sehari memang kami batasi layanannya karena jumlah karyawannya sedikit, enggak sampai 10 orang,” ujarnya. Untuk menggaet lebih banyak konsumen dan memberikan kepercayaan kepada para pelanggannya, Anggita dan Novia memanfaatkan berbagai testimoni-testimoni yang dikumpulkan dari pelanggan-pelanggannya.

Dari testimoni itu, ia mengaku banyak pelanggan yang percaya dan mau menggunakan jasa Beresin Kosmu. Anggita berencana melebarkan sayap usaha Beresin Kosmu dengan membuka lebih banyak layanan jasa, seperti layanan untuk membantu pindahan rumah, pindahan kosan hingga pindahan kantor. “Pengen merambah ke layanan yang lebih luas lagi dan kalau bisa kami nanti punya aplikasinya. Semoga saja bisa dan kami akan terus bekerja keras,” ujar Anggita. (elsa catriana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dari Usaha "Beresin" Kamar Kos, 2 Alumni UGM Ini Raup Omzet Rp 24 Juta"

Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved