Beragam Produk Ramah Lingkungan Dihasilkan Siswa dari 5 SMA/SMK di Bandung Raya

Berbagai produk ramah lingkungan dihasilkan para siswa dari lima SMA/SMK di Bandung Raya dalam kompetisi wirausaha mikro berorientasi lingkungan.

Penulis: Cipta Permana | Editor: taufik ismail
istimewa
Beragam hasil produk bisnis yang diciptakan para siswa dari lima SMA/SMK di Bandung Raya yang mengikuti kompetisi wirausaha mikro berorientasi lingkungan, Sabtu (1/8/2020). Ini merupakan produk dari siswi SMAN 1 Cisarua. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Puluhan siswa dari lima SMA/SMK di Bandung raya saling bersaing guna menjadi yang terbaik dalam kompetisi wirausaha mikro berorientasi lingkungan.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring oleh Citi Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) tersebut, merupakan bagian dari Regional Student Company Competition 2020.

Kelima sekolah tersebut, antara lain SMAN 1 Cisarua, SMAN 10 Bandung, SMAN 11 Bandung, SMK Pariwisata Telkom Bandung, dan MA Multiteknik Asih Putera.

Satu per satu kelompok yang mewakili sekolah masing-masing secara bergantian memaparkan konsep serta kinerja dari eco-business yang dikembangkan kepada enam juri dari kalangan profesional bisnis.

Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia Puni A Anjungsari mengatakan, tren bisnis di kalangan milenial semakin menunjukkan geliatnya di masa sekarang ini, terlebih kondisi pandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi informasi mampu dimanfaatkan secara baik, di antaranya berkaitan dengan digitalisasi.

"Melalui program Youth Ecopreneurship Initiative yang menargetkan pelajar SMA/SMK, Citi Indonesia bersama PJI berupaya untuk memberikan pembelajaran praktis berwirausaha, sekaligus menanamkan pentingnya membangun bisnis yang tidak hanya memprioritaskan profit, tetapi juga berorientasi untuk menjaga lingkungan," ujarnya kepada wartawan melalui aplikasi zoom, Sabtu (1/8/2020).

Menurutnya kolaborasi tersebut, juga dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong lahirnya wirausaha muda baru.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Cambridge Assessment International Education pada tahun 2019, menunjukkan pelajar Indonesia berusia 13-19 tahun, memiliki minat dan perhatian yang besar pada isu global terkait lingkungan.

"Sehingga meningkatnya minat berwirausaha ini, perlu diikuti dengan kesadaran untuk mengelola bisnis secara bertanggung jawab," ucapnya.

Hal senada disampaikan, Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner.

Menurutnya selama enam tahun, kemitraan antara PJI dengan Citibank telah berhasil memberikan manfaat melalui edukasi kewirausahaan kepada lebih dari 54 ribu pelajar dari 164 SMA dan SMK di Indonesia.

Robert menambahkan, ide dan kinerja bisnis yang dipresentasikan, menunjukkan kemampuan dalam mengelola bisnis sekaligus kepekaan mereka dalam menyikapi perubahan perilaku konsumen yang juga semakin peduli terhadap lingkungan.

"Kami berharap pengalaman yang diperoleh dari program ini, dapat terus menginspirasi generasi muda lainnya, untuk menciptakan lebih banyak peluang bisnis baru yang menerapkan konsep keberlanjutan di masa depan,"
katanya.

Kasus Positif Covid-19 di Indramayu Bertambah Lagi, Ada 3 Kasus Baru, Semuanya Laki-laki

BREAKING NEWS, Gempa Bumi Berkekuatan 4,8 Melanda Bengkulu Selatan

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved