Breaking News:

Cacing Hati Juga Ditemukan di Organ Dalam Hewan Kurban di KBB

Acep mengatakan pihaknya masih merekap jumlah hewan kurban yang terinfeksi cacing itu, yang hampir rata-ratanya ada di hewan kambing.

ist
Bagian Organ dalam yang tedapat cacing pita pada hewan qurban di Sukabumi, Sabtu (1/8/2020). 

Disnakan KBB Temukan Cacing Dalam Hati Kambing Saat Memontum Idul Adha

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menemukan cacing hati pada organ liver sapi, domba, atau kambing banyak hewan kurban di KBB.

Melalui Kepala Seksi Zoonosis dan Kesejahteraan Hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB), dr Acep Rohimat pihaknya mendapati laporan dari petugas lapangan menemukan beberapa kejadian tersebut.

"Kita memang menemukan beberapa hewan kurban di KBB terutama domba yang terinfeksi cacing, namun petugas kita di lapangan sudah melakukan tindakan dengan cara membuang organ hati yang terkena cacing," ucap Acep, Sabtu (1/8/2020).

Acep mengatakan pihaknya masih merekap jumlah hewan kurban yang terinfeksi cacing itu, yang hampir rata-ratanya ada di hewan kambing.

Namun kendati demikian, jika penitia atau penerima hewan kurban menemukan cacing di dalam daging hewan kurban, untuk tidak tidak dikonsumsi.

"Kalau semua hati hewan rusak, saya sarankan untuk tidak dikonsumsi. Dibuang, dengan cara kubur atau dibakar," kata Acep.

Acep mengungkapkan hewan kurban cacingan sulit diprediksi, namun secara umum memiliki tanda seperti mata hewan kerap mengeluarkan kotoran, berbulu kusam, dan memiliki nafsu makan jelek.

"Yang paling tepat jika ingin mengetahui hewan cacingan adalah melihat tekstur hati. Kalau hati hewan terlihat tidak rata dan memiliki tonjolan berbentuk bola, itu pasti ada cacingnya," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved