Pusdai Jabar Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban pada Sabtu Besok, Ini Alasannya

Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat, yang pada tahun ini justru akan melakukannya pada H+1 atau Sabtu (1/8/2020).

Tribun Jabar/Cipta Permana
Beberapa ekor sapi yang akan dikurbankan oleh panitia kurban 1441 H DKM Pusdai Jabar pada Sabtu (31/7/2020) berada di halaman parkir Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (31/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dalam setiap momentum Idul Adha, penyembelihan hewan kurban di hari yang sama merupakan rangkaian kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat di sejumlah tempat seusai melaksanakan ibadah sunnah. Akan tetapi hal tersebut tidak terjadi di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat, yang pada tahun ini justru akan melakukannya pada H+1 atau Sabtu (1/8/2020).

Sekretaris Umum Pusdai Jawa Barat, Fathurrahman M. Basyari. Lc. M.Ud. mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Pusdai Jawa Barat tahun ini tidak dilakukan langsung seusai shalat Ied Adha. Sebab, bertepatan dengan akan dilaksanakannya shalat Jumat.

"Kami akan tetap melaksanakan penyembelihan hewan kurban terhadap enam sapi dan seekor domba yang telah dititipkan para shahibul qurban, tapi pelaksanaanya akan baru dilakukan pada hari Sabtu (1/8/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pada hari ini akan dilaksanakan ibadah shalat Jumat," ujarnya saat ditemui seusai shalat Idul Adha di Masjid Pusdai Jawa Barat. Jumat (31/7/2020).

Salat Idul Adha di Bekasi, Ridwan Kamil Berikan Sapi 1 Ton untuk Warga Desa Sukabudi

Fathurrahman pun menuturkan, penerapan protokol kesehatan yang dilakukan selain dalam proses penyembelihan hewan kurban, tetapi juga dalam proses pengurusan, hingga pendistribusian daging kurban kepada para penerima.

Selain itu, sesuai dengan anjuran dan kebijakan aturan pemerintah terhadap penyelenggaraan ibadah kurban di masa pandemi covid-19, pihaknya kali ini pun tidak akan melakukan proses pembagian daging kurban secara langsung seperti tahun-tahun sebelumnya, melainkan telah berkoordinasi kepada sejumlah DKM masjid di sekitar Pusdai untuk menyalurkannya langsung kepada penerima yang berhak.

"Untuk penyembelihan hewan kurban, kami akan melaksanakanya secara langsung disini, artinya tidak dirumah potong hewan. Setelah seluruh rangkaian tahapan penyembelihan hingga pengurusan lainnya selesai dilakukan, selanjutnya pendistribusian daging kurban akan dilakukan oleh DKM di sekitar Pusdai untuk disampaikan kepada yang berhak. Maka karena situasi pandemi ini, kami pun tidak akan mengumpulkan warga penerima daging kurban seperti tahun sebelumnya, karena berpotensi terjadinya kerumunan," ucapnya.

Sebelumnya, Panitia Kurban DKM Pusdai Jawa Barat pun telah memasang sebuah spanduk putih dengan ornamen hijau tepat di gerbang masuk Pusdai, yang berisikan pengumuman bahwa tidak akan dilakukannya pemberian atau pendistribusian daging kurban secara langsung kepada masyarakat.

"PEMBERITAHUAN !!! di masa Pandemi Covid-19, Panitia Qurban 1441 H DKM Pusdai Jabar tidak memberikan dan mendistribusikan daging qurban secara langsung kepada masyarakat," demikian isi pengumuman dalam spanduk yang terpasang di gerbang masuk Pusdai Jabar. (Cipta Permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved