Breaking News:

Mengisi Kencleng Kotak Amal Masjid Bisa Pakai Handphone, Begini Cara Bersedekah Secara Digital

Bank Indonesia melakukan digitalisasi pembayaran dalam transaksi kegiatan ibadah keagamaan, berkoordinasi dengan Bank Mandiri, Kemenag, DMI dan MUI

Tribun Jabar/Siti Fatimah
Peluncuran 1000 QRIS Rumah Ibadah di seluruh Jawa Barat secara online di Masjid Raya Alun Alun Bandung, Rabu (29/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perkembangan teknologi yang meningkat begitu cepat telah menghadirkan tatanan kehidupan baru yang mengedepankan pemanfaatan teknologi digital dalam berbagai aspek, khususnya aspek ekonomi.

Kali ini Bank Indonesia melakukan digitalisasi pembayaran dalam transaksi kegiatan ibadah keagamaan, berkoordinasi dengan Bank Mandiri, Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia dan MUI serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto mengatakan, pihaknya ingin
mendorong implementasi transaksi non tunai, juga memudahkan umat Islam dalam melakukan ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf).

Mudik Idul Adha, Daop 2 Operasionalkan KA Mutiara Selatan, Berikut Jadwalnya

Terlebih Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia dan sebagian penduduknya beragama Islam, menjadi potensi pengembangan digitalisasi pembayaran dalam transaksi kegiatan ibadah.

"Hal ini sejalan dengan program pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pemberdayaan Masjid serta digitalisasi dj Jawa Barat," katanya pada acara launching 1000 QRIS Rumah Ibadah di seluruh Jawa Barat secara online di Masjid Raya Alun Alun Bandung, Rabu (29/7/2020).

BI Jawa Barat mencatat Data, jumlah merchant yang telah mengimplementasikan QRIS di Jawa Barat adalah 900.537 (27.46% Nasiona), atau tertinggi di Indonesia.

Kali ini, dalam pelaksanaannya, QRIS 1000 Rumah Ibadah di Jawa Barat didukung oleh Bank Mandiri dengan menggunakan QRIS yang berlogo LinkAja.

PT Bank Mandiri Syariah Terus Bertransformasi Digital

Namun demikian, karena sifatnya yang universal, tentunya dapat digunakan pula dengan alat pembayaran lainnya yang diterbitkan oleh penyelenggara jasa sistem pembayarant yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia seperti GOPAY, OVO, Dana, Bank BCA, Bank Niaga, Bank bjb dan lainnya.

"Sejak mengimplementasikan QRIS, Bank Mandiri telah bekerjasama dengan hampir 200 ribu merchant se- Indonesia baik itu QR dinamis melalui mesin EDCI maupun statis melalui QR yang ditempel di stiker atau tentcard," katanya.

Halaman
123
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved