Breaking News:

Guru di Sumedang yang Mengajar di Sekolah yang Kecamatannya Masuk Zona Hijau Akan Diwab Test

Guru di Kabupaten Sumedang kemungkinan akan dilakukan swab test jika kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka bisa digelar.

Tribun Jabar/Seli Andina Miranti
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Guru di Kabupaten Sumedang kemungkinan akan dilakukan swab test jika kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka bisa digelar. Kegiatan KBM khusus untuk sekolah yang ada di kecamatan yang masuk zona hijau.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena pasti ada guru yang tinggal di kecamatan yang masuk zona merah tetapi mengajar di sekolah yang kecamatannya masuk zona hijau.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, mengatakan, terkait swab test bagi guru tersebut memang sudah direncanakan karena selama ini pihaknya juga kerap mengadakan swab test secara massal.

"Ya, termasuk itu (swab test guru) karena kita juga swab test sudah sangat masif seperti di mal, pasar," ujarnya saat ditemui di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Rabu (29/7/2020) petang.

Menurutnya, swab test massal tersebut memang harus dilakukan termasuk untuk guru yang akan mengajar di sekolah yang kecamatannya masuk zona hijau.

"Karena hasil swab test itu bisa mendeteksi secara dini dan bisa diketahui warga yang positif. Misalnya, di pusat perbelanjaan yang di swab test ada 126 orang, hasilnya ada satu orang (positif Covid-19)," kata Dony.

Ia mengatakan, jika swab test masal itu tidak dilakukan, virus corona bisa secara cepat menyebar. Namun, jika hal ini dilakukan penyebarannya bisa dikendalikan karena orang yang positif bisa langsung diisolasi dan kontak eratnya dilakukan swab test lagi.

"Setelah swab test massal di tempat keramaian, nanti kami akan melangkah ke pesantren. Kemudian jika sekolah dibuka, kami pun akan ambil sampel ke sekolah," ucapnya.

Menurut Dony, swab test ini memang sangat penting karena satu di antara ikhtiar dari Pemkab Sumedang untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Karena orang positif bisa langsung diketahui dan (penyebarannya) bisa dikendalikan. Itulah kepentingan kita melakukan swab test secara masal," ujar Dony. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved