Breaking News:

Tidak Ada Salat Iduladha di Masjid Agung Ciamis

Syarat untuk salat hanya orang sehat dan untuk warga lingkungan tersebut, tidak boleh ada orang dari luar.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Adityas Annas Azhari
Tidak Ada Salat Iduladha di Masjid Agung Ciamis
Andri M Dhani
Masjid Agung Ciamis

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Meski memperbolehkan pelaksanaan salat Iduladha di masjid maupun di lapangan. Namun Pemkab Ciamis tidak memperbolehkan pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Agung Ciamis dan masjid besar tingkat kecamatan yang berada di sisi jalan raya.

Dilarangnya pelaksanaan salat Id di Masjid Agung Ciamis dan di masjid besar kecamatan tersebut untuk menghindari penularan Covid-19. Hal ini mengingat Masjid Agung dan masjid besar di sisi jalan raya berpotensi didatangi jamaah dari luar daerah termasuk dari zona merah.

Pelarangan tersebut tertuang dalan Surat Edaran (SE) Bupati Ciamis, H Herdiat Sunarya, No 461.1/661.Kesra tertanggal 22 Juli.

Bagi daerah yang oleh Gugus Tugas Covid-19 Ciamis masih dinyatakan sebagai zona merah pelaksanaan salat Iduladha hanya boleh dilakukan di rumah baik berjamaah bersama keluarga maupun sendiri (munfarid).

Bagi mereka yang masih berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), orang pelaku perjalanan (OPP), atau orang tanpa gejala (OTG) yang menjalani masa karantina mandiri tidak diperbolehkan ikut salat Iduladha berjamaah di lapangan maupun masjid/musola.

Di kawasan yang Covid-19 sudah terkendali yang memungkinkan terjadinya kerumunan seperti di daerah perdesaan maupun perumahan terbatas bisa dilaksanakan salat Iduladha di tanah lapang atau di masjid.

Syarat untuk salat hanya orang sehat dan untuk warga lingkungan tersebut, tidak boleh ada orang dari luar. Dalam salat juga harus memakai masker sejak dari rumah, cuci tangan pakai sabun atau handsaniitizier, dan membawa sajadah sendiri.

Jarak saf satu meter tiap jamaah. Kotak amal idak boleh diedarkan dari jamaah ke jamah tapi ditempatkan di satu tempat (statis). Tidak ada salam-salaman, berangkulan, atau cium tangan sebelum atau seusai salat Iduladha.

Pada malam takbiran (malam Iduladha) toidak ada takbir keliling. Takbiran hanya boleh dilaksanakan di masjid, musala, atau di rumah dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved