Breaking News:

Saat Pandemi, BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta Gelontorkan Rp 1,1 Miliar Per Hari Klaim JHT

BPJS Ketenagakerjaan cabang Purwakarta mengumumkan jumlah pembayaran jaminan mulai Januari

Istimewa
bpjs ketenagakerjaan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan cabang Purwakarta mengumumkan jumlah pembayaran jaminan mulai Januari hingga Juni 2020 sebanyak Rp 139 miliar untuk jaminan hari tua (JHT) atau jika dirata-ratakan dengan hari kerja, pada periode enam bulan tersebut, telah mengeluarkan Rp 1,1 miliar per hari dengan jumlah keseluruhan orang sebanyak 12.030.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta, Herry Subroto dengan didampingi Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta, Renata Susanti mengatakan saat pandemi corona ini memang terjadi peningkatan sebesar 30 persen pengajuan JHT lantaran banyaknya karyawan atau pegawai yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Ada data di kami juga sebanyak 120 perusahaan yang memberitahukan dan meminta keringanan karena terdampak Covid-19 dengan banyaknya tenaga kerja yang terdampaknya berjumlah 54 ribu orang," kata Herry di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta, Selasa (21/7/2020).

Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Tiga Orang, Salah Satunya Bayi Tiga Bulan

Adapun permintaan keringanan atau relaksasi dari perusahaan-perusahaan tersebut ke BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta, salahsatunya terkait JKK dan JKN untuk Juli. Namun, dengan catatan Juni sudah mesti dibayarkan.

"Tapi program ini kami masih tunggu peraturan pemerintahnya (PP)," katanya.

BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta juga mengaku telah mengeluarkan Rp 5,5 miliar untuk klaim jaminan kematian (JKM) bagi 146 tenaga kerja yang meninggal. Sedangkan untuk jaminan pensiun, kata Renata, pihaknya mengeluarkan Rp 1,5 miliar untuk 1.370 tenaga kerja.

"Kalau untuk JKK di periode sama ada 1.430 kasus dengan jumlah klaim Rp 9,2 miliar," ucapnya.

Jawab Kerinduan Fans, Seulgi Ungkap Kondisi Wendy Red Velvet Pasca Pemulihan dari Insiden 2019 Lalu

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved