D'JaheKing Buatan Pemuda Plered Purwakarta yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Seorang pemuda dari Kampung Cimanglid, Desa/Kecamatan Sukatani, Purwakarta, bernama M Zidane Firdaus

tribunjabar/nandri prilatama
D'JaheKing Buatan Pemuda Plered Purwakarta yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Seorang pemuda dari Kampung Cimanglid, Desa/Kecamatan Sukatani, Purwakarta, bernama M Zidane Firdaus (19) mencoba membuka usaha dengan mengubah jahe menjadi serbuk minuman dengan menamakannya D'JaeKing.

Zidane memilih jahe karena jahe memiliki manfaat yang besar terutama dalam hal kestabilan imun tubuh, apalagi di masa pandemi saat ini.

D'JaheKing yang dibuat Zidane ini mengambil dari intisari jahe yang kemudian dicampur tambahan bahan penunjang lainnya dan ditambah pula gula pasir serta gula aren.

"Ketika sudah selesai dikemas, saya pasarkan lewat media sosial atau whatsapp," katanya, Minggu (19/7/2020).

Untuk sebungkus D'JaheKing, Zidane menghargainya Rp 25 ribu ukuran 200 gram. Dalam seminggu, kata dia, bisa habis sampai 50-100 kilogram.

241 Ekor Hewan Kurban di Kota Bandung Tidak Layak, Mulai Sakit Kulit, Mata, hingga Cacingan

Zidane menceritakan awal mula dirinya mengembangkan usaha ini. Menurutnya, usaha ini dimulai saat dirinya merasa putus asa karena telah melamar pekerjaan ke sana ke mari berbagai perusahaan, namun tak kunjung diterima selepas dirinya lulus di Madrasah Aliyah Al Mutohar Plered pada 2019.

"Saya ingin punya penghasilan sendiri agar meringankan beban orangtua dan bisa menutupi kebutuhan sendiri," ucapnya.

Akhirnya, Zidane mewujudkan keinginannya itu setelah mendapatkan tawaran sebagai staf di sekolah sebelumnya, yang setidaknya mendapat penghasilan untuk ditabungkan.

"Setelah bekerja di sana, saya ingat motivasi pembimbing saat di pramuka dahulu, bahwa buka peluang usaha lebih baik daripada bekerja," ucapnya.

Motivasi itulah yang kemudian Zidane berusaha keras mewujudkan peluang usaha sendiri, hingga berhasil mengembangkan D'JaheKing. Untuk mengembangkannya ini, Zidane mengaku mendapatkan bantuan dari guru semasa sekolah dan teman-temannya.

Saat ini, hasil UMKM Zidane telah dilirik dinas terkait dan mendapat penawaran untuk dipasarkan di Galeri Menong sebagai oleh-oleh khas Purwakarta.

Tak Hanya Dangdut, Bupati Sumedang Sebut Live Musik hingga Kuda Renggong Pun Boleh Tampil

"Saya saat ini lagi tempuh izin produk industri rumah tangga (PIRT) agar bisa buka usaha sendiri. Semoga segera keluar," katanya.

Salah seorang pengajar Al Mutohar Plered, Suci Hendriani mengaku bangga pada anak didiknya itu yang mampu membuka lapangan pekerjaan sehingga berharap menjadi teladan bagi siswa atau alumni lainnya.

"Tentu bangga sekali, saya juga ikut membantu memasarkan produk D'JaheKing, jual ke satu profesi atau masyarakat lain," ujarnya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved