Sebagian Penggemar Playstasion Beralih ke Gim-gim Mobile, Rental PS Mulai Kehilangan Langganan

Menurut Rohimat kehadiran gim-gim mobile membuat penggemar Playstasion beralih ke gim-gim mobile, seperti Mobile Legend.

Istimewa
Sejumlah orang bermain Playstation di tempat rental PS. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Rohimat Jaya Saputra (30), pemilik rental Playstation (PS), di Jaya Plaza, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, menyatakan binis rental PS sudah menurun.

Ia merasakan hal itu sejak dua tahun lalu. Menurut Rohimat kehadiran gim-gim mobile membuat penggemar Playstasion beralih ke gim-gim mobile, seperti Mobile Legend.

"Gim-gim mobile sudah banyak yang menarik. Grafiknya juga menarik," kata Rohimat kepada Tribun melalui WhatsApp, Jumat (17/7/2020 ).

Hal sama dirasakan pemilik rental PS, Azhar (26). Dia mulai merasakan rental sepi sejak gim daring mulai merebak. Warnet yang beralih ke gim daring juga sangat mengganggu usahanya.

"Sekarang lagi sepi," kata pemilik rental PS di Taman Kopo Indah ini melalui WhatsApp, Jumat (17/7/2020).

Playstation Digemari Semua Kalangan, Rental PS pun Menjamur Hingga ke Perdesaan

Pemain Persib Bandung Omid Nazari Pernah Hampir Kalahkan AC Milan dan Zlatan Ibrahimovic

Rohimat bahkan menurunkan tarif rental PS-nya agar rentalnya tetap berjalan. PS3 yang tarifnya sempat Rp 5.000 menjadi Rp 4.000 per jam. Lalu, PS4 yang tarifnya sebelumnya Rp 10.000 jadi Rp 8.000 per jam.

"Alamiah sih. Memang sudah sepi. Enggak sebagus dulu-dulu. Sekarang gim makin canggih. Dari HP sekarang bisa akses gim-gim PS juga," kata Rohimat.

Azhar yang membuka rental sejak 2014 sudah tidak membuka rental PS di tempat lagi. Dia lebih membidik pasar penggemar Playstation yang senang menyewa konsol ke rumah.

Azhar pun memasang tarif untuk PS3 yang bisa dibawa ke rumah Rp 60.000 per hari dan untuk PS 4 Rp 120 per hari.

Menurut Rohimat, harga Playstation yang terjangkau juga sangat mempengaruhi penurunan bisnisnya. Sekarang itu, kata Rohimat, banyak orang yang memiliki PS di rumahnya.

"Jadi rental tersisihkan. PS, kan, harganya lumayan terjangkau. PS 3 harganya Rp 2.000.000- 2.500.000, terus PS 4 Rp 4.000.000. Jadi pada beli. Daripada ke rental," kata Rohimat. (januar ph)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved