Breaking News:

Ada Tudingan Rumah Sakit Jadikan Covid-19 Ajang Bisnis, Ini Jawaban Menkes Terawan

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, menegaskan rumah sakit punya etika untuk melayani pasien sebaik mungkin.

Editor: Giri
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, menegaskan rumah sakit punya etika untuk melayani pasien sebaik mungkin.

Kalimat itu sebagai bantahan fasilitas kesehatan termasuk rumah sakit menjadikan penanganan pandemi Covid-19 sebagai lahan bisnis.

“Saya percaya rumah sakit punya etika yang baik. Semua punya keinginan yang baik untuk memberikan pelayanan dana melaporkan menagih kan. Kami tinggal verifikasi lewat BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial),” kata Terawan seusai penyerahan santunan bagi tenaga kesehatan yang gugur dalam penangan Covid-19 serta insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat penanganan corona di aula Tower 8 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Jumat (17/7/2020).

 

Meski demikian, Terawan berjanji akan mencek dugaan tersebut agar tidak ada masalah seperti yang dituduhkan.

“Kita semua harus berdasarkan data. Tidak boleh berdasarkan opini. Nanti kami akan cek semua,” ujar dia. 

Santunan yang diserahkan Menkes di Banjarmasin diserahkan kepada tiga keluarga tenaga kesehatan yang gugur dalam penanangan Covid 19.

Ketiga tenaga kesehatan itu, dokter spesialis paru Hasan Zain yang bertugas di RS Islam Banjarmasin. Kemudian seorang perawat, Untung yang bertugas di RSUD Ulin dan Zakaria yang bertugas di Dinas Kesehatan Tanah Laut.

Untuk besaran santunan kematian sebesar Rp 300 juta, diberikan kepada tenaga kesehatan yang meninggal dalam memberikan pelayanan kesehatan dikarenakan paparan Covid-19 saat bertugas. (*) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menkes Terawan Tepis Rumor Rumah Sakit Jadikan Covid-19 Lahan Bisnis

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved