Breaking News:

Pola Rambut Rontok pada Laki-laki dan Perempuan Ternyata Berbeda, Begini Penjelasan Dokter

Ada perbedaan titik-titik kebotakan pada laki-laki dan perempuan yang cukup mempengaruhi penampilan dan lebih mudah terlihat pada laki-laki.

Editor: Yongky Yulius
The Color Bar Hair Salon
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID - Salah satu hal yang ditakuti oleh laki-laki, dan juga perempuan, adalah rambut rontok.

Tak hanya dialami oleh laki-laki, rambut rontok juga dialami perempuan.

Ada perbedaan titik-titik kebotakan pada laki-laki dan perempuan yang cukup mempengaruhi penampilan dan lebih mudah terlihat pada laki-laki.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Ary Widhyasti Bandem, SpKK menjabarkan kalau pada laki-laki, pola rambut rontok biasa terjadi pada bagian depan dulu.

Kemudian dari bagian depan polanya akan ke bagian tengah dan sedikit ke bagian belakang sehingga hanya tersisa rambut di bagian atas kuping dan bawah kuping.

"Jadi kalau pria yang tersisa dibelakang saja atau di bagian di deket kuping makanya rambut di belakang itu biasanya itu sering dipilih untuk transplantasi rambut," kata dr. Ary saat live bersama Perdoski, Rabu (15/7/2020).

Sedangkan pada wanita bagian depan rambut tetap aman sehingga kebotakan tidak terlalu terlihat, tapi kebotakan terjadi di bagian tengah kepala jadi sangat terlihat kalau memilih model rambut belah tengah.

ILUSTRASI RAMBUT RONTOK - Berikut beberapa solusi mengatasi kerontokan pada rambut: gunakan teh hijau hingga minyak rosemary.
ILUSTRASI RAMBUT RONTOK - Berikut beberapa solusi mengatasi kerontokan pada rambut: gunakan teh hijau hingga minyak rosemary. (NetDoctor)

"Kalau yang wanita biasanya lebih merata polanya beda dengan laki-laki, yang menipis hanya di bagian mahkota. Apalagi wanita masih bisa styling rambut jadi masih aman," ungkap dr. Ary.

Lalu faktor-faktor yang menyebabkan kebotakan antara laki dan perempuan sama saja, faktor pertama adalah faktor usia.

Kemudian faktor kedua karena genetik atau memiliki orang tua yang rambutnya tipis dan botak, dan bisa juga karena ada infeksi seperti jamur serta stres.

"Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok makanya harus mencari tahu, bisa karena sakit sebelumnya atau ada faktor stres berat," pungkas dr. Ary.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Perbedaan Pola Rambut Rontok Pada Laki-laki dan Perempuan.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved