Breaking News:

Warga Garut Diminta Waspadai Penipuan Online, Sudah Banyak Korban yang Lapor ke Polisi

Polres Garut meminta warga untuk mewaspadai modus penipuan secara online. Sejumlah warga sudah

Pixabay
Ilustrasi online 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Polres Garut meminta warga untuk mewaspadai modus penipuan secara online. Sejumlah warga sudah menjadi korban dari penipuan online ini.

Kasatreskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng, mengatakan penipuan online dilakukan oleh para pelaku dengan berbagai modus. Ujungnya para korban harus mengirim sejumlah uang dan malah merugi.

“Ada yang modusnya jual beli di akun media sosial, atau bahkan ada juga melalui SMS yang mengatasnamakan salah satu situs jual beli online,” ujar Maradona, Kamis (16/7).

Menurutnya, sudah banyak yang melapor ke pihaknya karena menjadi korban penipuan online. Di antara yang melapor adalah mereka yang sudah mengirim sejumlah uang untuk membeli barang. Ada juga yang mengaku mendapatkan hadiah namun harus lebih dulu mentransfer sejumlah uang.

Nyalawean, Warga Penuhi Pantai Citepus Palabuhanratu Sukabumi Tangkap Impun

“Ada beberapa orang yang melapor ke kami karena menjadi korban penipuan dengan jumlah kerugian yang dialami mereka ini jutaan. Mereka ini tergiur, baik harga barang yang murah atau tergiur karena akan mendapat hadiah,” katanya.

Maradona mengimbau warga agar tidak mudah tergiur begitu saja saat mendapatkan barang dengan harga yang terlalu murah, padahal aslinya barang itu lebih mahal.

Biasanya, pelaku penipuan akan meminta korban mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga yang diunggah di media sosial. Setelah ditransfer, penipu meminta kembali korban agar mentranfer kembali dengan berbagai alasan.

"Khawatir barang tidak diterima, korban pun kembali tertipu karena barangnya tidak pernah datang," ucapnya.

Untuk penipuan bermodus mendapat hadiah, biasanya datang melalui pesan singkat atau SMS. Banyak modus yang dilakukan penipu untuk mengelabui calon korbannya.

Mengapa Harus Rajin Serut Temu Lawak Langsung Minum, Inilah Khasiatnya.

"Saat menerima sms jangan langsung percaya begitu saja, karena kemungkinan besar itu alamat websitenya abal-abal,” ujarnya.

Jumlah korban penipuan di Kabupaten Garut sendiri, disebut Maradona, cukup banyak. Namun kebanyakan, mereka tertipu ratusan ribu rupiah sehingga enggan melaporkan hal tersebut kepada polisi.

“Terakhir yang lapor korbannya merugi jutaan rupiah. Warga agar terus berhati-hati dan jangan mudah percaya begitu saja dengan berbagai barang yang lebih murah dari aslinya atau hadiah yang kita tidak ikuti apapun,” katanya.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved