Breaking News:

Pilkada Kab Bandung

Pakar Komunikasi Politik: Pemilihan Nia Kurnia-Usman Sayogi Tepat dan Cerdas

Calon bupaati Bandung dari Partai Golkar, Nia Kurnia Naser, kemungkinan akan bersanding dengan birokrat yakni Kepala Bapenda, Usman Sayogi.

Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Kurnia Agustin Naser, istri Bupati Bandung Dadang M Naser siap maju dalam Pilkada Kabupaten Bandung 2020 

TRIBUNJABAR.ID 

Dinamika politik menjelang pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bandung sudah mulai memanas. Pasca covid-19, calon bupaati Bandung dari Partai Golkar, Nia Kurnia Naser, besar kemungkinan akan bersanding dengan birokrat yakni Kepala Bapenda Kabupaten Bandung, Usman Sayogi.

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pajajaran Bandung, Heru Ryanto Budiana berpendapat,jika benar-benar terjadi, maka  pasangan politikus dengan birokrat ini terbilang pasangan unik. Dia menilai penentuan pasangan ini berdasarkan perhitungan yang cerdas.

Tidak biasanya politikus memilih birokrat karena yang sering terjadi adalah politikus berpasangan dengan politikus dari partai koalisi atau politikus mengambil manfaat kepopuleran individu seperti artis. "Kalau ini benar-benar lain dari biasanya," kata Heru, Kamis (16/7).

Kepala Bapenda Kabupaten Bandung Usman Sayogi
Kepala Bapenda Kabupaten Bandung Usman Sayogi (istimewa)

Prediksi Heru, Nia memilih birokrat karena sejumlah alasan. Salah satunya adalah Golkar sebagai pengusung Nia menginginkan bahwa Kabupaten Bandung ke depan harus melakukan reformasi birokrasi. Sejalan dengan pemerintah pusat di mana Presiden Jokowi dalam salah satu programnya adalah reformasi birokrasi, pasangan Nia - Yogi pun menurut Heru akan melakukan hal itu secara sungguh sungguh.

Pertanyaanya mengapa Golkar begitu yakin memilih birokrat sebagai pasangan Nia? Lalu bagaimana dengan partai koalisi? "Saya kira ini sudah diperhitungkan oleh mereka. Sebagai pertimbangan, nuansa politik di Kabupaten Bandung adem ayem, damai. Dengan partai koalisi sudah tidak masalah. Jadi itulah yang meyakinkan pihak Golkar untuk menyandingkan Nia Naser dengan Usman Sayogi," katanya.

Menurut Heru, kalau kemudian pada pemilihan kepala daerah Desember 2020 mendatang, pasangan itu itu terpilih, maka pembenahan administrasi di pemerintahan merupakan langkah yang akan menjadi salah satu prioritas. Pastinya, akan banyak perubahan yang muaranya untuk kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

Penulis: Tatang Suherman
Editor: Tatang Suherman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved