Breaking News:

Besok Posisi Matahari Tepat Berada di Atas Kabah, Yuk Cek Kembali Arah Kiblat, Begini Caranya

Bagi umat Islam, mengetahui arah Kiblat adalah hal yang penting. Karena ini untuk menentukan ke mana arah

Dok. Tribun Jabar
Jemaah umrah mengeliling Kabah di Mekkah, Saudi Arabia 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bagi umat Islam, mengetahui arah Kiblat adalah hal yang penting. Karena ini untuk menentukan ke mana arah menghadap saat beribadah.

Untuk mengecek kembali arah Kiblat salah satunya saat matahari di atas Kabah. Berikut waktu yang bisa digunakan untuk mengecek arah Kiblat dikutip dari siaran pers BMKG.

Disebutkan, dalam setahun, matahari akan bergerak semu dari posisi 23,5o Lintang Selatan (LS) ke 23,5o Lintang Utara (LU) dan sebaliknya.

Akibat gerak semu ini, pada tanggal tertentu Matahari akan tepat berada di atas suatu bangunan atau kota yang posisinya berada di antara 23,5oLintang Selatan ke 23,5oLU.

Sekda Heran Driver Ojol Demo, Sudah Boleh Jalan, yang Tidak Boleh Sentuhan dengan Penumpang

Contoh hal ini adalah saat Matahari tepat berada di atas Ka’bah, yang merupakan arah pusat kiblat bagi  umat Islam. Mengingat posisi Ka’bah berada di 21o 25’ 21” LU dan 39o 49’ 34” BT, dalam setahun. Matahari akan tepat berada di atas Ka’bah sebanyak dua kali.

Pada tahun 2020 ini, yang merupakan tahun kabisat, kedua tanggal itu adalah:

1. 27 Mei pukul 12.18 Waktu Arab Saudi atau pukul 16.18 WIB atau pukul 17.18 WITA atau pukul 18.18 WIT. Waktu toleransinya adalah pada tanggal 26 s.d. 28 Mei.

2. 15 Juli pukul 12.27 Waktu Arab Saudi atau pukul 16.27 WIB atau pukul 17.27 WITA atau pukul 18.27 WIT. Waktu toleransinya adalah pada 14 sampai dengan 16 Juli.

Anda Pecinta Persib Bandung? Yuk Icip-icip Tiga Kuliner Tradisional ala Persib Berikut ini!

Pada waktu-waktu tersebut, umat Islam dapat melakukan kalibrasi arah kiblatnya. Proses kalibrasinya adalah sebagai berikut:

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved