Breaking News:

Terjerat Kasus Korupsi, Kadispora Garut Bakal Dihentikan Sementara

Kedua tersangka yakni Kuswendi sebagai Kepala Dispora Garut dan Yana Kuswandi sebagai Kabid Kemitraan Sarana dan Prasana Dispora Garut.

Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Sejumlah kendaraan terparkir di depan Sport Hall di kawasan Sarana Olahraga (SOR) Ciateul, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (18/8/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Kuswendi yang jadi tersangka korupsi pembangunan SOR Ciateul akan diberhentikan sementara dari jabatannya.

Apalagi saat ini Kuswendi tak bisa bekerja karena jadi tahanan Kejari Garut.

Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Garut Zat Zat Munajat, mengatakan, minggu depan akan berkoordinasi dengan Kejari Garut terkait penahanan Kuswendi. Pihaknya membutuhkan dokumen penahanan Kuswendi dari Kejari Garut sebagai dasar pemberhentian sementara.

"Draftnya (pemberhentian sementara) sudah disiapkan. Cuma tinggal dasarnya itu saja (dokumen dari Kejari Garut). Hari Senin kami akan ke Kejari," ucap Zat Zat di Hotel Harmoni Garut, Sabtu (11/7/2020).

Selain itu, ada beberapa ketentuan yang harus dilaksanakan terkait kasus yang menimpa Kuswendi.

Dalam Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 disebutkan jika ada PNS yang ditahan bisa diberhentikan sementara. Namun untuk status PNSnya akan menunggu hasil inkrah di pengadilan.

Jika bersalah, maka yang bersangkutan bisa diberhentikan. Namun jika dinyatakan tak bersalah, maka nama baiknya harus direhabilitasi.

"Kalau inkrah apakah prosesnya bisa bebas atau lanjut. Kalau bebas harus direhabilitasi. Kalau sebaliknya itu permanen (diberhentikan). Sekarang masih nunggu proses peradilan," katanya.

Untuk sementara, posisi Kadispora Garut akan diisi oleh pelaksana tugas (plt). Dispora harus tetap bekerja seperti biasa sehingga pihaknya menyiapkan pimpinan sementara.

Terkait pendampingan hukum kepada Kuswendi, Zat Zat menyebut akan diberikan oleh Pemkab Garut.

Halaman
12
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved