Breaking News:

WHO Akhirnya Akui Virus Corona Bisa Menular Lewat Media Udara, Kalau dari Binatang?

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia akhirnya mengakui virus corona bisa menular melalu perantara udara.

Istimewa
WHO adalah Organisasi Kesehatan Dunia sebagai organ Perserikatan Bangsa-Bangsa. Didirikan pada 1948, WHO bekerja di 194 negara anggota dengan lebih dari 150 kantor perwakilan. 

TRIBUNJABAR.ID - World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia akhirnya mengakui virus corona bisa menular melalu perantara udara. Rilis itu setelah WHO menerima kritik dari ratusan ilmuwan,

Sebagai tindak lanjut, WHO pada Kamis (9/7/2020  mengeluarkan pedoman baru mengenai pencegahan penularan virus corona.

Diberitakan oleh Reuters, dalam panduan terbarunya, WHO mengakui adanya laporan wabah yang terkait keramaian di dalam ruangan, seperti saat latihan paduan suara, di restoran, atau kelas kebugaran

Hanya belum ada kejelasan mengenai seberapa sering virus corona bisa menyebar melalui jalur udara atau aerosol, yang berbeda dari tetesan yang lebih besar dari batuk dan bersin

Namun, WHO mengatakan, lebih banyak penelitian "sangat dibutuhkan untuk menyelidiki kejadian seperti itu dan menilai signifikansi mereka untuk transmisi Covid-19".

Berdasarkan tinjauan terhadap bukti saat ini, WHO menyatakan virus corona menyebar di antara orang melalui kontak langsung atau tidak langsung, dengan permukaan yang terkontaminasi atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi yang menyebarkan virus.

Penyebaran virus melalui air liur, sekresi pernapasan, atau tetesan yang keluar ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, atau bernyanyi.

HEBOH Mayat Berkaus Paskibra SMKN 1 Pangandaran Ditemukan Nelayan di Ciracap Sukabumi, Ini Namanya

Pedoman baru WHO ini mengikuti surat terbuka dari ratusan ilmuwan yang berspesialisasi dalam penyebaran penyakit di udara atau ahli aerobiologi, yang mendesak badan di bawah PBB ini untuk memperbarui panduannya tentang bagaimana penyakit pernapasan menyebar termasuk transmisi aerosol.

Ilustrasi Virus Corona (CDC)
Ilustrasi Virus Corona(CDC)

Hanya sejumlah kecil penyakit yang diyakini menyebar melalui partikel mengambang kecil di udara atau aerosol.

Ini termasuk campak dan tuberkulosis, dua penyakit sangat menular yang memerlukan tindakan pencegahan ekstrim untuk mencegah pajanan.

Pedoman WHO mengakui penularan virus corona melalui udara bisa terjadi selama prosedur medis spesifik yang menghasilkan aerosol, seperti ketika melakukan intubasi.

Spanduk Hitam Berisi Kalimat Memohon Pertolongan Terpasang di Gedung Eks Pusat Perbelanjaan Banceuy

Halaman
123
Editor: Giri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved