Breaking News:

Covid 19

Ini yang Membuat Pola Penyebaran Covid-19 di Pusdikpom di Cimahi Sama dengan di Secapa AD di Bandung

Dinas Kesehatan Jawa Barat mengungkap apa yang membuat pola penyebaran Covid-19 yang terjadi di Pusdikpom di Kota Cimahi sama dengan di Secapa AD

Ini yang Membuat Pola Penyebaran Covid-19 di Pusdikpom di Cimahi Sama dengan di Secapa AD di Bandung
Tribun Jabar
Pusdikpom Kota Cimahi

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani, mengatakan kasus 99 orang yang positif Covid-19 di Pusat Pendidikan Polisi Militer ( Pusdikpom ) di Kota Cimahi telah tertangani melalui pelacakan dan pengetesan kontak erat. Pola penyebaran Covid-19 di Pusdikpom ini, katanya, sama dengan pola penyebaran di Secapa AD, yakni penularan terjadi di internal lembaga pendidikan secara local transmission.

" Pusdikpom ini sama (dengan Secapa AD ). Peserta didiknya dari beberapa daerah juga karena memang Jawa Barat ini pusatnya pendidikan untuk semua kedinasan," katanya di Gedung Sate, Jumat (10/7).

Berli mengatakan berdasarkan hasil kajian epidemiologi , penyebaran Covid-19 di Pusdikpom tidak berkaitan dengan penyebaran yang terjadi di Secapa AD. Kasus di Pusdikpom ini mulai diketahui pekan lalu dan langsung dilaporkan 99 orang terpapar.

"Sebenarnya dari hari Jumat kemarin ya sudah kita terima dan kita juga sudah mengambil langkah-langkah tadi (pelacakan dan pengetesan)," katanya.

Bukan hanya di dalam internal kompleks pendidikan, katanya, hal ini dilakukan juga terhadap masyarakat sekitarnya, bekerjasama dengan gugus tugas Kota Cimahi.

Klaster Baru Secapa, Menteri Pertahanan Prabowo Perintahkan Semua Prajurit TNI Tes Swab Covid-19

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan bahwa ada 99 orang terpapar Covid-19 di lingkungan yang bermarkas di Kota Cimahi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, mengatakan pihaknya saat ini sedang pelakukan tracking terkait temuan paparan Covid-19 di lingkungan Pusdikpom tersebut.

"Sepertinya sih banyak, tapi angka pastinya belum tau berapa yang terpapar," katanya. Ia menjelaskan, bahwa pada Jumat (3/7), pernah dilakukan kegiatan swab test di lingkungan Pusdikpom. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Arief Permadi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved