Breaking News:

Hati-Hati Berenang di Batu Karas Pangandaran, Koloni Ubur-ubur Muncul, 25 Wisatawan Kena Sengat

Koloni ubur-ubur muncul di Batu Karas, Pangandaran. Lebih dari 20 wisatawan tersengat.

Kompas.com/Dokumentasi SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul
Ilustrasi. Petugas SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul membantu wisatawan yang tersengat ubur-ubur di Pos SAR Pantai Sepanjang, Kamis (6/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Selama empat hari terakhir, setidaknya sudah ada 25 orang wisatawan tersengat ubur-ubur berbisa saat berekreasi di Pantai Batu Karas, Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Koloni ubur-ubur berbisa tersebut mulai bermunculan menyusul adanya perubahan suhu air pada peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau seperti sekarang ini.

“Ubur-ubur mulai menyerang di Pantai Batu Karas selama 4 hari terakhir. Banyak wisatawan yang tersengat. Setidaknya ada 25 orang yang kena, sempat ditolong lifeguard dan dibantu medis,” ujar Ketua Balawista Pangandaran, Haeri Haerudin, kepada Tribun, Selasa (7/7/2020).

Menurut Haeri biasanya saat peralihan musim hujan ke musim kemarau yang disertai terjadinya perubahan suhu air memicu munculnya koloni ubur-ubur hadir di permukaan air laut di sisi pantai.

Terlebih bila terjadi tiupan angin.

Seperti yang terjadi di Pantai Batu Karas selama 4 hari terakhir.

Wisatawan yang kurang waspada, atau malah memainkan koloni ubur-ubur yang ternyata beracun tersebut, terutama anak-anak yang menganggapnya mainan, berpotensi tersengat ubur-ubur beracun saat berenang atau main-main di sisi pantai.

“Jumlah wisatawan yang tersengat ubur-ubur di Pantai Batu Karas cukup banyak. Apalagi sekarang kunjungan wisatawan seminggu terakhir ini sudah mulai ramai, termasuk hari ini. Tapi data lengkapnya belum dijumlahkan, setidaknya sampai hari ini ada 25 wisatawan yang sempat ditolong penjaga pantai (lifeguard) karena tersengat ubur-ubur,” katanya.

Menyusul munculnya koloni ubur-ubur yang bisa mencederai wisatawan tersebut menurut Haeri, penjaga pantai (lifeguard) Balawista yang siaga piket di Pantai Batukaras sudah meningkatkan patroli pantai dan lewat pengeras suara mengingatkan para wisatawan untuk waspada ketika beraktivitas di pantai apalagi saat berenang.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved