Breaking News:

Dinas Peternakan Sumedang Waspadai Penyakit Antraks Sapi Pada Iduladha Tahun Ini

Menjelang Iduladha, Dinas Peternakan Sumedang mewaspadai penyakit antraks.

Tribun Jabar/Siti Masithoh
Ilustrasi pemeriksaan hewan kurban. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Menjelang Iduladha, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Sumedang bakal mewaspadai penyakit antraks pada sapi kurban yang dijual di pasar hewan dan semua lapak penjualan yang ada di Sumedang.

Untuk itu pada H-7 Idul Adha nanti, petugas dari Disnakan Kabupaten Sumedang bakal melakukan pemeriksaan hewan kurban mulai dari fisik hingga administrasi untuk hewan yang berasal dari luar daerah.

Kepala Bidang Kesehatan Ikan dan Hewan, Disnakan Kabupaten Sumedang, Diah Siswati mengatakan, penyakit antraks tersebut perlu diwaspadai.

"Itu karena hewan kurban yang dari peternak maupun yang dijual di tempat-tempat penjualan tidak berasal dari daerah Kabupaten Sumedang saja," ujarnya saat ditemui di Pasar Hewan Tanjungsari, Selasa (7/7/2020).

Sejauh ini, kata Diah, khusus di daerah Jawa Barat, terutama di Kabupaten Sumedang, belum ditemukan adanya penyakit antraks pada sapi kurban, tetapi hal ini tetap harus diwaspadai.

"Jadi, yang perlu kita waspadai untuk saat ini memang penyakit antraks. Di Jawa Barat perlu dicurigai meskupun belum ada kasus," kata Diah.

Penyakit antraks tersebut, kata Diah, perlu diwaspadai jika ada sapi kurban yang demam yang tidak sembuh-sembuh dan keluar darah dari hidung dan mulut.

Atas hal tersebut, pada Iduladha tahun ini pihaknya menargetkan pemeriksaan terhadap semua hewan kurban yang akan dijual seperti di Pasar Hewan Tanjungsari maupun di lapak penjual hewan yang lain.

"Kita upayakan semuanya ya, terutama yang dijual di Pasar Hewan maupun di tempat penjualan lain," ucapnya.

Semua Hewan Kurban yang Dijual di Sumedang Diperiksa Kesehatannya, yang Layak Dikasih Tanda Ini

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved