Breaking News:

Cagar Budaya

VIDEO-Gunung Hawu di Padalarang KBB Masuk Kajian Menjadi Cagar Budaya, Nilai Historis Bandung Purba

Gunung Hawu di Kecamatan Padalarang bakal masuk kajian Geopark menjadi satu cagar budaya

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Gunung Hawu di Kecamatan Padalarang bakal masuk kajian menjadi satu cagar budaya yang harus dilestarikan di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan, Asep Diki Hidayat mengatakan pihaknya bakal membuat kajian dengan berbagai pihak lain, yang salah satunya adalah Gunung Hawu memiliki nilai sejarah terbentuk 'Bandung Purba'.

"Dari sisi batuan yang dikaji secara pembentukan Gunung Hawu sebagai salah satu Bandung Purba. Lagi proses kajian kedepannya terintegrasi dari sisi sejarah geologis, dan daya tarik cagar budaya yang harus dijaga, " ujar Asep kepada Tribun Jabar, Senin (6/7/2020).

Asep mengatakan sejalan dengan visi misi Bupati Bandung Barat Aa Umbara, kata dia, Pemkab Bandung Barat sendiri bakal menginventarisasi dan bakal melestarikan soal aset sejarah yang ada di wilayah KBB.

"Visi misi Pemkab Bandung Barat, dari pak bupati menjadi utama soal aset sejarah, " jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Barat kini sudah menetapkan surat keputusan Tim Ahli cagar budaya.

Kedepannya tugas TACB ini bakal meninjau, memverifikasi dan merekomendasikan situs-situs bersejarah yang ada di wilayah KBB.  (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Gunung Hawu di Padalarang KBB Masuk Kajian Menjadi Cagar Budaya, https://jabar.tribunnews.com/2020/07/06/gunung-hawu-di-padalarang-kbb-masuk-kajian-menjadi-cagar-budaya.
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Ichsan
Video Production: Dicky Fadiar Djuhud
 
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved