Breaking News:

Anggota Polres Purwakarta Ini Piawai Budidaya Burung Murai Batu, yang Pesan Harus Inden

Anggota Polres Purwakarta ini memiliki hobi membudidaya burung murai batu. Burung murai batu ini

tribunjabar/nandri prilatama
Brigadir Wawan Setiawan anggota Polres Purwakarta yang piawai membudidayakan burung murai batu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Anggota Polres Purwakarta ini memiliki hobi membudidaya burung murai batu. Burung murai batu ini terkenal akan kicauannya yang sangat merdu hingga kerap kali diburu oleh para pencinta burung berkicau.

Polisi itu bernama Brigadir Wawan Setiawan (36). Ia mulai hobi membudidaya burung murai batu pada 2015 dengan mencoba membuat penangkarannya. Ide ini dia dapat setelah kesulitan mencari bibit burung murai batu yang langka.

Dalam melakukan budidaya burung murai batu, Wawan mengaku sering kali menghadapi berbagai kegagalan. Namun, dengan penuh kesabaran dan terus menerus belajar otodidak, Wawan akhirnya kini berhasil menangkar burung murai batu sebanyak 17 ekor.

"Saya memang hobi dan suka dengan suara burung ini. Terlebih bentuk dan ekornya. Awal dari hanya membeli anak murai hingga punya keinginan coba-coba beternak dan buat penangkaran," katanya di penangkarannya di Desa Salamjaya, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, Senin (6/7/2020).

Pasangan Muda Ini Pacaran di Sawah lalu Dibegal Motornya Diambil, Kini Sang Begal Ketangkap Polisi

Sehari-hari Wawan yang bertugas di Sabhara Polsek Bojong, memberikan kunci membudidaya burung murai batu yakni sabar serta terus mencoba pantang menyerah.

"Sebab jika tak mencoba ya gak akan tahu hasilnya," ujarnya seraya mengaku belajar membudidaya burung murai dari temannya di Karawang.

Wawan mengaku bisa menangkarkan sebanyak 10 sampai 20 ekor anakan burung murai batu. Wawan pun menjual anakan burung murai batu ini dengan kisaran harga bervariasi mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta.

"Harga ini bervariasi disesuaikan dari indukannya. Dan di penangkaran saya ini indukannya pemenang lomba burung berkicau. Jadi, ya gak perlu diragukan lagi kualitas anakannya," ujarnya yang mengaku selama lima tahun ini sudah hasilkan 326 ekor anak murai.

Cewek Ini Nekat Jadi Pengedar Narkoba, Dikendalikan oleh Seseorang dari Dalam Penjara

Para penghobi burung murai yang hendak membeli dari Wawan bahkan ada yang harus daftar tunggu atau inden. "Sudah banyak yang pesan. Tapi yang jelas ini kerjaan sampingan saya. Sebagai insan Bhayangkara saya tetap pelayan masyarakat dan tetap sebagai pengayom juga pelindung masyarakat," katanya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved