Breaking News:

Asyiknya Wisata Sayang Kaak di Lembah Citanduy, Ada Sirkuit dan Bakal Ada Kebun Binatang Mini

Mandiri Sayang Kaak seluas 4 hektare itu menyediakan berbagai spot untuk berfoto dengan latar belakang keindahan lembah Sungai Citanduy.

TRIBUN JABAR/ANDRI M DANI
KEMBALI DIBUKA - Sejumlah wisatawan menikmati tempat wisata Mandiri Sayang Kaak di Cikatomas, Kecamatan Handapherang, Kabupaten Ciamis mulai dibuka untuk umum, Selasa (30/6). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Objek wisata Mandiri Sayang Kaak di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang, Cijeungjing, Ciamis akan kembali dibuka secara resmi pada Minggu (5/7/2020). Kawasan wisata di tepi Sungai Citanduy ini ditutup untuk kunjungan wisatawan demi mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 sejak Senin (16/3).

Namun sejak Selasa (30/6) warga sudah bisa berkunjung ke kawasan objek wisata yang berlokasi tak jauh dari pusat kota galendo tersebut.

“Sayang Kaak sudah boleh dikunjungi wisatawan. Tidak bayar alias gratis. Tapi wisatawan harus mematuhi protokol kesehatan. Wajib pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan tidak berkerumun. Empat hari ini kami anggap sosialisasi dulu terutama tentang protokol kesehatan bagi pengunjung. Nanti Minggu (5/7) mulai dibuka secara resmi dan dikenakan tarif,” ujar Eris Daryanto, pengelola objek wisata Mandiri Sayang Kaak kepada Tribun, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya, menjelang dibuka resmi, pengelola Mandiri Sayaang Kaak mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas untuk penerapan protokol kesehatan. Antara lain tempat cuci tangan dengan sabun di gerbang masuk dan beberapa lokasi lainnya, antrean bagi yang berfoto selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Juga berbagai papan peringatan tentang wajib memakai masker. “Masuk kawasan ini wajib pakai masker,” kata Eris.

Dalam penerapan protokol kesehatan ini, kata Eris, pengelola berkonsultasi dengan Puskesmas setempat. Semua pengunjungi dicek suhu tubuhnya namun tidak ada ketentuan harus dilakukan rapid test dulu.

Dibukanya objek wisata Mandiri Sayaang Kaak pada Selasa (30/6) ditandai dengan syukuran yang dihadiri berbagai kalangan termasuk perangkat desa dan ditutup dengan doa bersama. Pada Selasa siang itu sudah ramai warga yang berkunjung ke kawasan wisata yang menjanjikan keindahan alam lembah Sungai Citanduy tersebut.

Kawasan objek wisata Mandiri Sayang Kaak seluas 4 hektare itu menyediakan berbagai spot untuk berfoto dengan latar belakang keindahan lembah sisi Sungai Citanduy. Termasuk adanya rooftop dan sirkuit off road dengan dua buah boggie.

Eris menambahkan, objek wisata ini juga tengah membangun kafe. Kemudian menyusul rumah budaya, senior living, dan kebun binatang mini (konservasi). (*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Darajat Arianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved