Brigadir Andri Afiandi, Anggota Polres Sukabumi yang Juara Azan dan Pandai Mengaji

Brigadir Andri Afiandi, anggota polisi di Bagian Perencanaan (Bagren) Polres Sukabumi, Jawa Barat, ini

istimewa
Brigadir Andri Afiandi, Anggota Polres Sukabumi yang Juara Azan dan Pandai Mengaji 

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Brigadir Andri Afiandi, anggota polisi di Bagian Perencanaan (Bagren) Polres Sukabumi, Jawa Barat, ini menginspirasi semua anggota di jajaran Polres Sukabumi.

Dia seorang anggota polisi yang memiliki kepribadian agamis, ia pandai mengaji dan azan dengan suara merdu.

Menariknya lagi, Brigadir Andri Afiandi ini pandai melantunkan azan dan mengaji dengan nada merdu setalah pulang melaksanakan ibadah umrah pada tahun 2016.

"Saya tertarik dengan quro dan azan itu sejak saya pulang umrah pada tahun 2016, waktu itu saya diberangkatkan umrah oleh Kapolres. Pulang umrah alhamdulillah saya mendapatkan hidayah untuk aktif di masjid Polres maupun di masjid tempat saya tinggal," ujar Andri kepada Tribunjabar.id di Mapolres Sukabumi, Rabu (1/7/2020).

Proyek Flyover di Jalan Jakarta dan Laswi Dilanjutkan, Dishub dan Satlantas Bahas Rekayasa Jalan

Ia mengaku, bisa melantunkan ayat suci alquran dan azan dengan nada-nada merdu atas bimbingan seorang ustaz di tempat tinggalnya di Perumahan Tamansari.

"Saya belajar bimbingan pertama dari Ustaz Sofar Sauqy dan juga ustaz Asep sebagai ketua DKM Masjid Alhidayah Tamansari. Beliau juga yang mengajari saya untuk nada-nada yang harus dibawakan, seperti contohnya pembacaan Al-Fatihah maupun lagam azan, alhamdulillah saya diajarkan oleh beliau-beliau tersebut," terangnya.

Anak Sekda Karawang Tersangkut Kasus Narkoba, Sang Ayah Bungkam, Anak Dibawa ke Lido

Juara 2 Lomba Azan di Polda Jabar

Diketahui, Andri juga pernah menjadi juara 2 lomba azan di Polda Jabar saat perayaan HUT Polri tahun 2018.

"Alhamdulillah saya juara 2 lomba azan se Jawa Barat yang diadakan di Polda Jabar pada acara HUT Polri tahun 2018," katanya.

"Berharap ada generasi-generasi saya yang menghidupkan dan mengaktifkan kegiatan di masjid, baik di masjid Polres maupun di tempat tinggal saya," ucapnya.

Sementara itu, Paur Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan, Andri menginspirasi para anggota karena ia merupakan salah satu polisi yang aktif, terutama dalam kegiatan keagamaan di Masjid Polres Sukabumi.

"Beliau menginspirasi anggota, beliau aktif di masjid, sering azan juga di masjid Polres sebelum pelaksanaan salat, dia juga tiap pagi selalu pimpin pembacaan asmaul husna saat apel pagi, selain itu ia juga suka azan di masjid tempat tinggalnya di Tamansari," katanya.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved